Bisa Harumkan Sekolah, SMAN 4 Mataram Ingin Banyak Pendaftar Jalur Prestasi

0
Suasana pendaftaran PPDB jalur prestasi di SMAN 4 Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pendaftaran dan verifikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi jenjang SMA negeri di NTB digelar pada Senin, 20 Juni 2022 sampai dengan Rabu, 22 Juni 2022. SMA negeri yang berlokasi di pinggiran Kota Mataram mengharapkan banyak pendaftar di jalur prestasi, sehingga nantinya akan bisa mengharumkan nama sekolah melalui berbagai prestasi yang ditorehkan.

Kepala SMAN 4 Mataram, Jauhari Khalid pada Senin, 20 Juni 2022 mengatakan, pihaknya ingin banyak siswa mendaftar jalur prestasi ke SMAN 4 Mataram. “Sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi siswa-siswa yang mengharumkan nama sekolah, baik dari segi akademik maupun non-akademik,” ujarnya.

Sementara untuk jalur zonasi, diakuinya pendaftar di SMAN 4 Mataram selalu banyak, bahkan tahun lalu melampaui kuota yang tersedia.

Dalam Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIkbud) NTB, jalur prestasi paling banyak 15 persen dari total daya tampung. Dengan rincian kuota jalur prestasi yaitu 6% prestasi nilai raport semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. 5% prestasi piagam/sertifikat. 4% prestasi keagamaan dengan ketentuan bahwa penetapan kelulusan sesuai dengan proporsi calon peserta didik yang mendaftar dan memenuhi persyaratan.

Menurutnya, sampai Pukul 14.00 Wita, jumlah jumlah pendaftar jalur prestasi di SMAN 4 Mataram sebanyak 25 orang. “Yang sudah berhasil diverifikasi sejumlah 12 orang. Sisanya masih menunggu calon peserta didik datang ke sekolah,” ujarnya.

Ketua Panitia PPDB SMAN 4 Mataram, Suryati mengatakan, untuk menyambut PPDB tahun ini, pihaknya telah melakukan persiapan sarana dan prasarana ruang sekretariat dan ruang tim verifikasi.

“Disiapkan juga layanan bagi calon peserta didik yang tidak bisa melakukan pendaftaran online secara mandiri. Karena moto kami siap memberikan layanan terbaik. Kami menyiapkan tim khusus yang akan melayani langsung masalah tersebut untuk mempermudah calon peserta didik,” ujarnya.

Selain itu, Suryati mengatakan, pihaknya telah menyiapkan spanduk yang berisi informasi lengkap tentang juknis PPDB. Brosur juga disebar melalui media sosial dan juga selebaran. “Tenaga-tenaga yang berpengalaman sengaja kami rekrut sebagai tim, sehingga kenyamanan kebersamaan terjalin, dan kami bisa melaksanakan tugas dengan penuh kebahagiaan,” jelasnya. (ron)

Tiitle Ads