Logistik MXGP Tiba di Pelabuhan Badas

0
Logistik MXGP Samota, tiba di BIZAM dari hari Sabtu, 18 Juni 2022 dan Minggu,19 Juni 2022. Selanjutnya logistik diangkut menggunakan angkutan darat menuju Sumbawa. Minggu kemarin logistic sudah tiba di Pelabuhan Badas. (Suara NTB/kir)

Sumbawa besar (Suara NTB) – Logistik Motocross Grand Prix (MXGP)  tiba di Pelabuhan Badas, Minggu, 19 Juni 2022. Logistik sebanyak 30 ton yang dikirim secara bertahap tersebut sementara ini masih disimpan di gudang logistik Pelabuhan Badas Sumbawa. Sebelum nantinya dibawa ke Rocket International Circuit di Samota.

Komandan Lapangan MXGP, Ir.H.Ridwan Syah, MTP menyebutkan, logistik tersebut dikirim dari Jerman ke Jakarta. Dari Jakarta tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Sabtu, 18 Juni 2022 menggunakan pesawat carteran. ‘’Pengangkutan logistik MXGP ini dilakukan secara bertahap dalam beberapa penerbangan. Logistik MXGP ini diangkut dari Jerman menuju Jakarta kemudian dari Jakarta baru diangkut ke BIZAM,’’ terangnya.

Dari BIZAM, logistik langsung dibawa ke Sumbawa melalui jalan darat menggunakan 7 truk. Diperkirakan  semua logistik tiba di Labuan Badas hari Minggu. ‘’Saat ini sisa logistik sebanyak 3 truk sudah diberangkatkan dari Lombok menggunakan mobil box dengan pengawalan ketat pihak kepolisian. Insya Allah malam ini (kemarin) tiba di Badas,’’sebut Ridwan Syah.

Sementara para kru dan pembalap dijadwalkan akan tiba di Sumbawa pada Kamis 23 Juni 2022. ‘’Setelah official pembalap tiba di Samota, maka logistik akan dipindahkan ke Paddok sirkuit di Samota untuk persiapan balapan yang akan dimulai pada tanggal 24-26 Juni 2022 mendatang.

Logistik Tiba di BIZAM

Sementara logistik MXGP tiba di BIZAM Lombok Tengah, sejak Sabtu, 18 Juni 2022 hingga Minggu, 19 Juni 2022. Pesawat ini membawa total logistik seberat sekitar 30 ton dari Jakarta menuju Lombok.

Dari BIZAM, ujar General Manager PT. Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA) Arif Hariyanto, logistik diturunkan dan diangkut menggunakan truk menuju Sumbawa, menggunakan jalur darat dan laut. Pesawat pertama, Black Stone Airlines jenis Boeing 737-300 Freighter membawa sebanyak 9 pallet seberat 14 ton. Kemudian pesawat Asia Cargo Airlines mendarat setelahnya dengan membawa 9 pallet seberat 10 ton.

“Total ada sebanyak 54 pallet seberat 30 ton logistik ajang MXGP berupa motor, parts, dan fuel yang tiba di BIZAM. Dari Bandara Lombok, logistik MXGP ini dibawa menggunakan truk melalui jalur darat menuju Sumbawa,” ungkapnya kepada Suara NTB, Minggu, 19 Juni 2022.

Seluruh proses pemeriksaan custom clearance (Bea Cukai) sudah dilaksanakan di Jakarta dan akan dilakukan pemeriksaan kembali di lokasi event di Sumbawa. Sedangkan untuk pembalap dan kru, dijadwalkan sebanyak 171 orang akan datang melalui BIZAM menggunakan satu pesawat charter pada 23 Juni besok.

Para kru dan pembalap ini akan akan transit sejenak di BIZAM. Untuk kemudian melanjutkan penerbangan dengan tiga pesawat charter milik Wings Air menuju Sumbawa. (arn/kir)

Tiitle Ads