Hadapi Pemilu 2024, Ratusan PNS KPU Se-NTB Dilatih Tata Kelola Pemilu

0
Siapkan SDM hadapi pemilu 2024, pegawai KPU se NTB diberi pelatihan tata kelola pemilu.(Suara NTB/kpu)

Mataram (Suara NTB) – Setelah tahapan resmi Pemilu 2024 telah diluncurkan pada tanggal 14 Juni yang lalu, KPU RI langsung bergerak maraton di seluruh Indonesia untuk memastikan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) jajarannya di daerah menghadapi Pemilu 2024.

Upaya meningkatkan kualitas SDM, KPU RI mengadakan pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu yang diikuti oleh 174 Pegawai Negeri Sipil dilingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se- NTB yang dibuka mulai Jumat, 17 Juni 2022. Pelatihan dasar tata kelola pemilu dibuka langsung oleh Anggota KPU RI, Parsadaan Harahap. Hadir pula dalam kegiatan pelatihan tersebut Kepala Puslatlitbang KPU RI, Lucky Firnandy Majanto, Tim Pakar Nazir Salim Manik dan Tenaga Ahli Muhammad Fadil

Dalam sambutannya Parsadaan Harahap mengatakan, modal terbesar Pemilu adalah kepercayaan rakyat, maka dari itu perlu mempersiapkan SDM KPU yang berdaya guna dan berdaya hasil untuk meyakinkan publik bahwa KPU mampu melaksanakan Pemilu serentak nantinya secara profesional.

“Karena fungsi kita fungsi pelayanan kepada parpol dan pemilih, maka perlu kita membangun profesional, solidaritas dan mental lembaga KPU menjadi penyelenggara terbaik khususnya di Provinsi NTB ini,’’ ungkapnya. Menurutnya profesional tanpa kompetensi itu tidak mungkin, sehingga menyiapkan semua agar SDM KPU menjadi PNS yang berintegritas, yang berkontribusi postif untuk penyelenggara Pemilu di Indonesia merupakan keharusan.

Dia berpesan Kepada seluruh PNS di NTB untuk terus menyibukkan diri membuat kebaikan, berpikir positif. Sehingga tidak ada jalan bagi kekurangan dan keburukan pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sementara Sekretaris jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno yang memberi sambutan melalui zoom meeting. Memerintahkan agar seluruh peserta mengikuti pelatihan mengikuti acara ini dengan baik, tertib dan sungguh-sungguh.

“PNS KPU adalah satu-kesatuan management kepagawaian dari pusat, Provinsi hingga kabupaten/kota secara hirarkis, maka harus patuh untuk mencapai tujuan lembaga KPU,” tegasnya.

“Seorang pemimpin yang baik adalah pengikut yang baik, mari bekerja bahu-membahu agar tempat kita bekerja, KPU menjadi lembaga yang beriwiba dan mampu melaksanakan pekerjaan berat Pemilu 2024 terlaksana dengan sukses,” sambungnya.

Senada dengan itu, Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud mengatakan, bahwa selama dirinya bekerja di KPU dari level kabupaten/kota hingga Provinsi, inilah pelatihan pertama Pemilu untuk seluruh PNS yang diinginkannya sejak lama. Dengan harapan tidak ada benturan antara bagian di lembaga KPU, terutama antara Komisioner dengan Sekretariat.

Karena itu Suhardi sangat mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh Kesekjenan KPU RI telah menyiapkan pelatihan SDM tata kelola pemilu tersebut. “Core bisnis KPU adalah sukses ketika telah ada hasil, maka saya berharap dari NTB ini akan melengkapi kesuksesan hasil secara nasional,” pungkasnya. (ndi)