Seorang Ibu di Lombok Barat Buang Bayinya dalam Keadaan Meninggal

0
Mayat bayi yang dibuang oleh ibunya sendiri di daerah Kuripan. Pelaku sudah ditangkap pihak kepolisan.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Seorang ibu inisal S (19) yang berdomisili di wilayah Kuripan, Kabupaten Lombok Barat tega membuang bayinya yang sudah meninggal. Ibu muda itu, membuang bayinya di Dusun Sedayu Desa Kuripan Kecamtan Kuripan, Sabtu, 18 Juni 2022. Akibat perbuatannya, S sudah ditangkap Kepolisian Sektor Kuripan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pihak kepolisian masih mendalami motif pelaku yang tega membuang darah dagingnya sendiri. S ditangkap tak lama setelah penemuan mayat bayinya yang dibuang di lahan warga di sekitar lokasi kejadian.

Mayat bayi malang tak berdosa itu ditemukan oleh seorang warga Dusun Sedayu Desa Kuripan bernama Ahmad Rosidi. Saksi menemukan bungkus plastik mencurigakan saat akan memetik pepaya di sekitar TKP.

“Kemudian Ahmad Rosidi memberitahukan warga lainnya, lalu bersama-sama menuju lokasi tempat kejadian, dan membuka isi dari bungkus plastik,” jelas Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK., melalui Kapolsek Kuripan Iptu Sutrisno, Minggu, 19 Juni 2022.

Kedua warga itu sangat terkejut, setelah menemukan sesosok mayat bayi tanpa identitas dengan kondisi sudah meninggal.

“Bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki, umur sekitar dua hari, panjang 50 sentimeter, berat plasenta 500 miligram,” kata Kapolsek.

Mereka juga menemukan plastik warna hitam, plastik warna merah, sebuah kerudung warna putih, dan sebuah karung warna putih. “Dengan adanya kejadian tersebut warga kemudian melaporkannya ke Polsek Kuripan,” imbuhnya.

Atas laporan ini, Unit Reskrim Polsek Kuripan menelusuri keberadaan terduga pelaku dan akhirnya menemukan titik terang.

“Dari hasil penelusuran, terduga pelaku mengarah kepada S, lalu melakukan pencarian terkait keberadaanya,” ujarnya.

Akhirnya polisi mengetahui bahwa terduga pelaku sedang berada di rumah orang tuanya, saat itu juga Unit Reskrim Polsek Kuripan langsung melakukan Interogasi. “Terduga pelaku S mengakui perbuatannya, dan kini telah mengamankannya ke Mapolsek Kuripan. Terkait dengan motif terduga pelaku melakukan ini, masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” tandasnya.

Penangkapan pelaku dilakukan pada hari yang sama dari penemuan mayat bayi tersebut. Sedangkan untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, kini kasus pengungkapan penemuan mayat bayi ini telah dilimpahkan ke Polres Lobar, yakni ke Unit PPA Sat Reskrim Polres Lombok Barat. (her)