Sirkuit Rampung 100 Persen, 15.000 Tiket MXGP Terjual

0
Kondisi terkini Rocket Motor Circuit, Samota. (Suara NTB/bul)

Sumbawa Besar (Suara NTB)-Total sudah 15.000 tiket menonton MXGP Samota sudah laku terjual. Tinggal beberapa hari lagi penyelenggaraan balap motorcross internasional ini, diyakini bisa menghadirkan 50 ribu penonton.

“Sampai kemarin sudah terjual sebanyak 5.000 tiket. Per hari ini, informasi yang masuk ke saya ada 10.000 tiket tambahan. Berarti sudah 15.000 tiket sudah laku,” kata Komandan Lapangan MXGP Samota, Ir. H. Ridwan Syah, MTP, Kamis, 15 Juni 2022.
Ditemui di lokasi Sirkuit MXGP, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB ini mengatakan, masyarakat luas diundang menonton balapan enduro yang akan digelar tiga hari, 24-26 Juni 2022 mendatang. Penonton terdiri dari dua kelas, festival dan VIP. Harganya paling murah Rp100.000 hingga Rp2,5 juta.
“Silakan siapa saja boleh membeli tiket, mau ASN, mau lokal. Kalaupun kita bagi-bagi tiket nanti, bisa saja, kita lihat, kita bantu yang tidak mampu,’’ imbuhnya.

Dari sisi kesiapan, Ridwan Syah menjelaskan, progress pembangunan sirkuit sudah mencapai 100 persen. Bangunan pelengkap/pendukung juga sudah mencapai 80 persen.
Sky box, paddock juga sudah selesai dibangun. Tinggal finishing. Sekitar 300 ton untuk seluruh perlengkapan berangsur-angsur tiba. Dan ditargetkan tanggal 18 Juni 2022 ini semua persiapan sudah 100 persen.

‘’Perwakilan Infron juga sudah memastikan kesiapan selesai. Kalaupun ada catatan-catatan, kita masih ada waktu sampai tanggal 20 Juni ini, sehingga tempat ini steril,’’ jelas Ridwan Syah.
Hasil pengecekan oleh Infron secara resmi akan disampaikan kepada media. Namun berdasarkan komunikasi Infron dengan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dikatakan, ini sirkuit yang paling indah dari semua sirkuit MXGP yang pernah ada.
Selain itu, jadwal kedatangan logistik setelah para pembalap usai menyelesaikan satu seri di Jerman, langsung bertolak ke Indonesia. tanggal 18 Juni 2022 tiba di Cengkareng Jakarta, lalu menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok. Selanjutnya diangkut menggunakan jalan darat menuju Poto Tano, dan langsung ke arena MXGP.
“Tanggal 19 Juni 2022, seluruh motor yang akan digunakan, kelengkapan race pembalap sudah tiba,” ujarnya.

Ditambahkan, dari 50.000 penonton, 5.000 sampai 10.000 akan datang dari luar daerah NTB. Diharapkan penonton lokal menggunakan kendaraan sepeda motor ke lokasi saat event berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat kemacetan.
Meski demikian, lahan parkir untuk penonton sangat luas. Bisa menampung 30.000 sepeda motor, dan bisa 10.000 kendaraan roda empat. ‘’Tempat parkir masih luas. Tidak masalah,’’ ujarnya.

Selain itu, Ridwan Syah menyampaikan kesiapan untuk para pelaku UMKM. Panitia sudah menyiapkan sebanyak 400 UMKM yang akan berjualan di dalam kawasan arena dan 200 di luar kawasan. Dari 400 ini, ada 200 tenda yang sudah disiapkan. Satu tenda diisi 2 UMKM.

Kepada penonton, ia juga mengingatkan untuk tidak khawatir soal transportasi. Baik dari Lombok ke Sumbawa, maupun dari Sumbawa ke arena. Dari Lombok, sudah disiapkan dua kapal cepat beroperasi melayani empat kali penyeberangan. Dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Badas Sumbawa.

Satu kapal berisi 350 orang dan 200 orang. Ridwan Syah mengatakan, kapal cepat ini memudahkan tamu-tamu luar yang menginap di hotel-hotel yang ada di Lombok. Penyeberangan hanya memakan waktu 1,5 jam. Di Pelabuhan Badas sudah disiapkan bus angkutan gratis yang membawa penumpang ke arena MXGP. Demikian juga sebaliknya.

Area MXGP ini seluas 50 hektar. Sirkuit Samota ini disebut-sebut sebagai sirkuit terindah dibanding seluruh sirkuit MXGP yang ada. Karakteristik sirkuit bebukitan yang natural. Sehingga tak perlu dimodifikasi. Infron sebagai penyelenggara balap motorcross internasional ini bahkan dibuat ‘’jatuh cinta’’. Apalagi sirkuit ini dikelilingi bukit dan pantai nan indah.(bul)

Tiitle Ads