Nelayan Ampenan Keluhkan Larangan Pembeliaan BBM dengan Jeriken

0
Nelayan Ampenan sedang membantu sesame nelayannya yang baru mendarat dari menangkap ikan, Kamis, 16 Juni 2022. Mereka mengeluhkan pelarangan membeli BBM di SPBU dengan menggunakan jeriken, seperti yang mereka lakukan selama ini. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) -Larangan pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite menggunakan jeriken dikeluhkan nelayan di Ampenan. Kebijakan itu akan menyulitkan nelayan untuk melaut. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Mataram, H. Irwan Harimansyah dikonfirmasi, Rabu, 15 Juni 2022.

PT. Pertamina melarang pemberian BBM jenis Pertalite menggunakan jeriken karena Pertalite sudah menjadi jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). Perubahan Pertalite dan BBM umum ke BBM penugasan diatur dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan.

Permasalahaan saat ini kata Irwan, nelayan di Ampenan menggunakan jeriken untuk membeli BBM untuk keperluan melaut. Hal ini dicarikan solusi dengan bersurat ke PT. Pertamina untuk memberikan kebijakan kepada nelayan. PT. Pertamina merespon positif dan memperbolehkan nelayan membeli menggunakan jeriken dengan syarat menunjukkan kartu keanggotAan nelayan. Selain itu, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tidak diperkenankan melayani. “Kalau yang tidak menunjukkan kartu anggota, tidak dilayani,” ujarnya.

Pembelian bahan bakar di SPBU dibatasi. Irwan menyebutkan, nelayan yang menggunakan jeriken diperbolehkan membeli 30 liter untuk nelayan kecil dan 50 liter untuk nelayan besar.
Faktanya, sebagian nelayan di Ampenan membutuhkan BBM lebih dari 50 liter. Irwan menegaskan, kebijakan itu berada di PT. Pertamina. “Itu kebijakan Pertamina. Kalau kita tidak bisa mengintervensi,” ucapnya.

Di satu sisi, ia bersyukur hasil tangkapan nelayan Ampenan terus mengalami peningkatan. Kenaikan rata-rata 10 persen sejak tahun 2018. Hal ini patut disyukuri dan diharapkan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. (cem)

Tiitle Ads