Mengacu SE Mendikbudristek, Kenaikan Kelas Ditentukan Sekolah

0
Purni Susanto (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) –Sesuai kalender pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, pembagian rapor siswa kelas X dan XI SMA dijadwalkan pada Jumat, 17 Juni 2022. Sekolah bisa menyesuaikan kebijakan kenaikan kelas dan pembagian rapor sesuai kondisi masing-masing sekolah.

Sub Koordinator Kurikulum Bidang SMA Dinas Dikbud NTB, Purni Susanto pada Kamis, 16 Juni 2022 mengatakan, pihaknya mempersilakan sekolah mempedomani kalender pendidikan. Kenaikan kelas tetap menjadi wewenang satuan pendidikan. Kriteria kenaikan kelas tetap dapat mengacu ke Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) nomor 1 tahun 2021.

“Bagi sekolah yang ingin menambahkan agenda saat pembagian rapor dan dikhawatirkan hari Jumat waktu yang pendek, dapat menunda sehari pada hari berikutnya, yakni Sabtu, 18 Juni 2022,” ujarnya.

Menurutnya, biasanya sekolah saat pembagian rapor mengundang orang tua/wali juga dan membuat agenda sosialisasi, keakraban, dan lainnnya, sehingga hari Sabtu lebih fleksibel.
“Sekolah juga tetap dapat menulis tanggal pembagian rapor tanggal 17 Juni 2022 tapi pembagian rapornya ditunda sampai keesokan harinya pada Sabtu,” ujarnya.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) jenjang SMA telah dilaksanakan pada 30 Mei 2020 sampai dengan 7 Juni 2022. Penggunaan kurikulum darurat masih diterapkan. Oleh karena itu, pihak sekolah tidak perlu mengejar ketuntasan bahan ajar.
Terkait dengan soal yang digunakan saat PAT, sebelumnya Purni mengatakan, sekolah diberikan kewenangan sepenuhnya untuk mengatur pembuatan soal maupun teknis pelaksanaan PAT. Beberapa sekolah menyebutkan akan melaksanakan PAT dengan berbasis komputer atau android. Purni mempersilakan sekolah untuk menyesuaikannya.

“Sekolah dapat menggunakan sarana apapun yang menunjang, lebih-lebih sarana komputer tentu itu lebih diutamakan sebagai bagian dari implementasi teknologi di lingkungan sekolah,” ujar Purni. (ron)

Tiitle Ads