Pilkades Serentak KSB Telan Dana Rp2,2 Miliar

0
Slamet Riadi. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyebutkan, dana yang dibutuhkan untuk perhelatan Pilkades serentak 16 desa tahun ini sebesar Rp2,2 miliar.

“Usulan kami totalnya Rp2,2 miliar untuk penyelenggaraan Pilkades,” kata Sekretaris DPMD KSB, Slamet Riadi, Selasa, 14 Juni 2022.

Dana sebesar itu seluruhnya bersumber dana APBD. Slamet menjelaskan, anggaran itu disalurkan ke setiap desa yang melaksana Pilkades melalui dana bantuan daerah. “Amanat undang-undangnya demikian. Jadi biaya Pilkadea itu semianya ditanggung kabupaten,” urainya.

Untuk besaran biaya Pilakdes itu setiap desa berbeda-beda. Perhitungannya didasari dari jumlah pemilih di tiap desa serta luas wilayahnya. “Sudah ada rumus hitungannya jadi tiap desa tidak sama biayanya. Namun yang jelas totalnya yang kita siapkan Rp2,2 miliar itu,” beber Slamet.

Sementara itu untuk tahapan kegiatannya sendiri, Slamet menguraikan, saat ini proses sosialisasi telah selesai. Termasuk pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat kabupaten. “Berikutnya PPKD tingkat desa yang akan dibentuk segera,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kades Sapugara Bree, Andi Subandi mengatakan, sebagai salah satu desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini. Pihaknya tengah melakukan penyusunan RAPBDes yang salah satunya bakal mengakomodir dana bantuan kabupaten untuk pelaksanaan Pilkades itu. “Kalau anggarannya sudah clear kami baru masuk ke tahapan Pilkades berikutnya seperti membentuk PPKD tingkat desa,” paparnya.

Andi pun menegaskan, pihaknya sudah sangat siap menggelar perhelatan agenda demokrasi tingkat desa tersebut. “Kalau anggarannya sudah kami ketok, semua yang menjadi tugas desa di Pilkades nanti siap kami laksanakan,” janjinya. (bug)