Pengguna Kapal Cepat Terus Meningkat

0
Ilustrasi

Taliwang (Suara NTB) –  Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbawa Barat, mengklaim penggunaan armada kapal cepat di Pelabuhan F3 Desa Poto Tano terus meningkat setiap harinya. Bahkan sejak dibuka, animo masyarakat dengan adanya kapal cepat terus bertambah terutama bagi masyarakat yang memiliki tugas mendesak.

“Memang terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang kapal cepat sejak resmi dibuka oleh Pemerintah,” ungkap Kepala UPTD Kepelabuhanan Pelabuhan Lalar Muhammad Amin, A. Md, kepada Suara NTB, Senin, 13 Juni 2022. Kenaikan ini diharapkan terus berlanjut sehingga retribusi pelabuhan yang ditargetkan sebesar Rp50 juta bisa tercapai.

Kenaikan jumlah penumpang tersebut merupakan dampak dari adanya event Moto GP di sirkuit Mandalika beberapa bulan yang lalu. Tentu event-event seperti itu diharapkan tetap berlanjut supaya dampak dari perputaran uang bisa dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, pendapatan daerah dari retribusi juga diharapkan meningkat. Apalagi selama ini capaiannya selalu dibawah target sehingga besar harapan event internasional bisa terus digelar di NTB. “Kami berharap event internasional bisa terus dilaksanakan di NTB sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Selain dermaga F3 saat ini pemerintah juga mengupayakan agar dermaga apung Labuhan Lalar bisa berfungsi secara optimal. Bahkan beberapa hari yang lalu sudah ada uji coba yang dilakukan kapal cepat Trans Taliwang dari Labuhan Lalar menuju Pelabuhan Telong Elong Lombok Timur. Jika kedua dermaga ini berfungsi maksimal, maka retribusi Pelabuhan yang ditargetkan tersebut bisa tercapai. Dirinya juga tetap meminta kepada pengguna dermaga apung Labuhan Lalar untuk segera melengkapi sarana penunjang demi keselamatan penumpang. “Kami berharap dua dermaga yang ada di KSB bisa digunakan secara maksimal sehingga retribusi pelabuhan bisa tercapai,” tandasnya. (ils)