Dua Perwakilan NTB akan Bersaing di ASEAN Competition XIII Tingkat Nasional

0
Kepala Dinas Nakertrans Provinsi NTB, Gede Aryadi dan para juara ASEAN Competition XIII Tingkat Provinsi NTB yang akan mengikuti kegiatan kompetisi di tingkat nasional. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dua perwakilan Provinsi NTB akan berkompetisi di tingkat nasional pada ajang ASEAN Competition XIII pada September 2022 ini. Setelah terseleksi ditingkat daerah.

Keduanya adalah Linda Aulia mewakili SMK 4 Mataram, yang keluar sebagai juara I pada kategori fashion technology. Dan Ramli, perwakilan dari SMK 1 Praya yang juga juara I pada kategori restaurant service. Keduanya terseleksi pada ajang ASEAN Competition XIII yang diselenggarakan di NTB.

Seluruh SMK di NTB dari jurusan terkait mengikuti kompetisi ini. setelah dilakukan penjurian yang melibatkan juri dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), profesional, dan juri dari daerah, akhirnya ditetapkan juara I, II dan III pada masing-masing kategori dalam kompetisi ini.

Selama kompetisi ini, para peserta diuji untuk berkreasi. Misalnya untuk kategori fashion technology, peserta diberi tantangan memanfaatkan sepotong kain berukuran 1,5 meter menjadi pakaian berkualitas. Linda Aulia keluar sebagai yang terbaik karena berhasil membuat blazer dan mampu memanfaatkan teknologi konveksi dengan baik.

Sementara Ramli, keluar sebagai juara terbaik karena sudah mampu memberikan penampilan terbaik dalam hal pelayanan kepada tamu hotel dan restoran. Penghargaan diserahkan langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, M.H di Hotel Grand Madani Mataram, Jumat, 10 Juni 2022.

Kepala Disnakertrans Gede Putu Aryadi menjelaskan, dalam persiapan menghadapi kompetisi ASEAN Competition XIII Tingkat Nasional, diharapkan peran pendamping, dan guru masing-masing peraih juara untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Perjalanan masih panjang. Ini baru permulaan, karena harus berkompetisi ditingkat nasional, dan kita berharap perwakilan dari NTB akan mampu melaju hingga kompetisi tingkat ASEAN,” katanya.

Kepala dinas meminjam istilah yang sering disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Bahwa, langkah panjang dimulai dari langkah pertama.

“Langkah pertama sudah dimulai melalui kompetisi yang dilaksanakan di daerah,” jelas Gede.

Para perwakilan NTB ini diminta mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Agar terus belajar menghadirkan ide-ide kreatif pada masing-masing kategori. NTB saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Adanya Sirkuit Mandalika dan terselenggaranya MotoGP pada Maret 2022. Selain itu, NTB tengan mematangkan kesiapan menjadi tuan rumah balap motocross internasional yang akan dilaksanakan di Sirkuit MXGP Samota pada bulan Juni 2022 ini. (bul)

Tiitle Ads