Meningkat, Kasus Kematian Akibat Lakalantas di Lobar

0

Giri Menang (Suara NTB) – Kasus kematian akibat kecepatan lalu lintas di Kabupaten Lombok Barat meningkat selama pertengahan tahun ini. Angkanya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Pihak Polres melalui Satlantas setempat secara intensif berupaya untuk melakukan langkah-langkah preventif dan preemtif.

Kasatlantas Polres Lobar Iptu Agus Rachman, SH mengatakan data Lakalantas di Lobar memang meningkat kalau dilihat grafiknya dibandingkan tahun 2021. “Memang meningkat kalau melihat grafiknya kalau dibandingkan tahun 2021. Sebagian besar OC (out of control). Termasuk yang fatal (meninggal)” jelasnya.

Penyebab kecelakaan jelas dia, lebih banyak OC faktor penyebab adalah kelalaian manusia. Dan kondisi jalan dan Kendaraan. Contohnya, kejadian kecelakaan di jalur Gili Mas korban meninggal menabrak kendaraan diam. Kondisi lampu penerang gelap, jalan bergelombang, kendaraan lampu tidak ada, rem tidak bagus. “Sementara dari kami sudah sosialisasi, sudah memberikan imbauan tentang Lalu Lintas sampai ke pelosok-pelosok,” tegasnya.

Dijelaskan untuk langkah-langkah preventif yang dilakukan melalui kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli. Pihaknya menempatkan Personel di beberapa titik untuk melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas pagi, sore untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata dia. Termasuk melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas atas kalau ada masyarakat sipil, pejabat negara, TNI Polri.

Pihaknya juga melakukan patroli sambang area black spot dan trouble spot, kawasan-kawasan lakalantas dan rawan macet. Langkah ini jelasnya secara kontinyu dilakukan. Sedangkan untuk preemtif, pihaknya melakukan melalui imbauan, penyuluhan terkait masalah tata cara berlalu lintas yang baik dan benar. Aturan dalam berlalu lintas dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar. “Baik di perkantoran, sekolah, masyarakat umum dan lainnya,” ujarnya. Selain melakukan himbauan lisan, pihaknya juga memberikan imbauan dengan leaflet, brosur atau spanduk berisi imbauan kepada masyarakat. “Itu kami pasang dan tempatkan di beberapa titik jalan protokol dan arteri di Lobar,” jelasnya. (her)