Dukung Sirkuit Khusus Balap F1

0
Bram Subiandoro (Suara NTB/dok)

ADANYA rencana pembangunan sirkuit khusus untuk balap Formula One atau F1 di Provinsi Riau, disambut baik pihak PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Keberadaan sirkuit baru tersebut tentunya diharapkan mampu mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Sebagai negara penyelenggara event-event otomotif dunia.

Kepada Suara NTB, Senin, 30 Mei 2022, Managing Direction The Mandalika ITDC, Bram Subiandoro, mengatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki sirkuit internasional Mandalika yang telah sukses menggelar event balap MotoGP serta World Superbike (WSBK). Kemudian muncul rencana untuk membangun sirkuit untuk menggelar balapan F1. “Tentu itu menjadi sesuatu yang baik bagi Indonesia,” ujarnya.

Secara umum pihaknya mendukung pembangunan sirkuit-sirkuit baru di Indonesia untuk penyelenggaraan event-event otomotif kelas dunia lainnya. Sehingga bisa meningkatkan country branding bagi Indonesia. Sekaligus bisa mendukung kebangkitan pariwisata di Indonesia.

Tidak kalah penting, keberadaan sirkuit-sirkuit baru dengan event otomotif di dalamnya tentunya akan bisa memberikan efek ganda bagi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. “Dengan adanya sirkuit-sirkuit baru di Indonesia bisa meningkatkan country branding, membangkitkan pariwisata, dan memberikan multiplier effect bagi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat H.Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, di tahun ini akan dimulai pembangunan sirkuit internasional di Bintan Kepulauan Riau. Sirkuit yang dibangun tanpa pembiayaan dari APBN, tapi murni anggaran swasta dan penanaman modal asing itu nantinya direncanakan menggelar event balap F1. Sementara Sirkuit Mandalika akan dikhususkan untuk penyelenggaraan event MotoGP dan balap kendaraan roda dua lainnya.

“Di beberapa negara di Eropa, satu negara bisa punya empat sirkuit, tergantung kita bagaimana menyelenggarakan event. Sirkuit Mandalika itu spesial untuk MotoGP, sementara roda empatnya F1 nanti ada di Bintan agar pariwisatanya menyebar di seluruh Tanah Air,” kata Bamsoet, Sabtu, 28 Mei 2022.

Bamsoet mangatakan, kini sirkuit di Indonesia makin menyebar. Setelah Sirkuit Mandalika sukses dengan perhelatan MotoGP, kini di Ancol Jakarta sudah siap dengan gelaran Formula E awal bulan Juni 2022 ini. Begitu juga Sirkuit Sentul Bogor akan dilakukan renovasi besar-besaran, sehingga sirkuit legendaris Indonesia tersebut siap dengan kejuaraan nasional dan internasional.

Di Bali juga ada Sirkuit Gokart untuk penyelenggaraan sejumlah kejuaraan, termasuk di dalamnya event MiniGP untuk kelas pemula usia 8 – 11 tahun. ” Kalau di Mandalika itu sebelum tutup tahun ada agenda balap yang sudah disusun bersama ITDC dan MGPA, ada sekitar dua atau tiga event di sana,” ujarnya. (kir)

Tiitle Ads