Dihadiri Ulama Madinah, Bupati Sumbawa Ikuti Tabligh Akbar di Labangka

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengikuti Tabligh Akbar yang diisi Ulama Madinah, Dr. Syaikh Adnan Altouf Al-Madani di Pondok Pesantren Yamaula Labangka, Senin, 30 Mei 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren milik Yayasan Mushanniful Ulum ini juga diikuti ratusan jama’ah yang ingin mendengarkan taushiyah Syaikh Adnan.

Dalam sambutannya, Bupati berharap kehadiran Syaikh Adnan di Ponpes Yamaula dapat mendatangkan keberkahan bagi masyarakat Tana’ Samawa. Bupati menyebutkan godaan dan tantangan kehidupan beragama di era kebebasan dan globalisasi saat ini sangatlah berat dan beragam. Ditambah lagi semakin banyak umat Islam yang mengalami kemerosotan akhlaq serta mulai jauh dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Karena itu, Bupati berharap Syaikh Adnan dapat memberikan pencerahan kepada kaum muslimin. Dalam rangka membangun kepribadian masyarakat Sumbawa yang religius, dengan iman yang kuat dan islam yang benar.

Sementara itu, dalam taushiyahnya yang diterjemahkan langsung Pimpinan Pondok Pesantren Yamaula, TGH. Khudri Ahmad As-Shaulaty, Syaikh Adnan mengupas tentang pentingnya menjaga silaturrahim dan persaudaraan antar sesama kaum muslimin. Dengan mengutip satu hadits yang diriwayatkan Bukhari, “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturrahim”. Yang bermakna menyambung silaturrahim merupakan bagian dari ajaran Islam. Sehingga Rasulullah memerintahkan agar umat Islam senantiasa menjaga dan menyambung kekerabatan. Sebab dengan ukhuwah yang kokohlah umat islam dapat saling menyokong satu sama lain. Dan jika tidak, maka umat islam akan tercerai berai.

Selain itu, Syaikh Adnan juga menyampaikan pentingnya menjaga hati bagi seorang muslim. Dikarenakan Allah SWT hanya melihat para hambaNya pada hati dan amalan. Semua yang ada dalam diri manusia harus dijaga. Mulai dari perbuatan, perkataan, hingga hati. (arn)