MGPA Bantah Sirkuit Mandalika Batal Gelar Balap F1

0
Priandhi Satria

Praya (Suara NTB) – Direktur Utama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) Priandhi Satria, membantah sirkuit internasional Mandalika batal menggelar balap Formula One (F1). Pasalnya, hingga saat ini sirkuit internasional Mandalika memang belum masuk menjadi penyelenggara balap mobil dunia tersebut. Sirkuit internasional Mandalika baru berencana menggelar balap F1 dalam beberapa tahun kedepan.

‘’Kalau dikatakan batal, kami sampai saat ini belum mendapat pemberitahuan resmi dari pihak F1. Karena soal balapan F1 di sirkuit internasional Mandalika baru tahap rencana,’’ jelas Priandhi, kepada Suara NTB, Minggu, 29 Mei 2022.

Kecuali kalau pihak F1 sudah memasukkan sirkuit internasional Mandalika sebagai salah satu lokasi gelaran balapan, kemudian urung digelar baru bisa dikatakan batal. Tapi sampai saat ini belum ada informasi resmi dari pihak penyelengara F1, terkait hal tersebut.

Diakuinya, menggelar balap dunia sekelas F1 memang menjadi salah satu mimpi besar. Namun menggelar balapan F1 bukan perkara mudah. Dibutuhkan kesiapan dari semua aspek. Tidak hanya soal kesiapan lintasan dan sirkuitnya saja. Tetapi juga kesiapan infrastruktur pendukung lainnya di luar sirkuit. Mulai dari pelabuhan, bandara, jalan dan infrastrktur penunjang lainnya.

Kesuksesan menggelar World Superbike (WSBK) hingga MotoGP yang baru lalu, ujar Priandhi, telah memberikan banyak pelajaran bagi pihaknya dalam menyelenggarakan event balapan kelas dunia. Dan, nyatanya masih banyak catatan dan kekurangan yang ke depan akan berupaya diperbaiki pada penyelenggaraan event-event balap lainnya.

Artinya, untuk sampai bisa menggelar balapan F1 masih butuh banyak persiapan. Karena memang kelas penyelenggaraan F1 dengan MotoGP, satu hal yang berbeda. “Dari penyelenggaraan WSBK dan MotoGP kemarin, kita terus belajar menjadi penyelenggara event balap dunia. Tidak hanya roda dua, tapi juga roda empat, sekelas balap F1,” tandasnya. (kir)