Taruna AAU Gelar Pelatihan Navigasi Udara di Loteng

0

Praya (Suara NTB) – Akademi Angkatan Udara (AAU) menggelar praktik latihan navigasi udara di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Pelatihan tersebut melibatkan sekitar 120 taruna AAU tinggkat III. Demikian diungkapkan Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, usai bertemu Bupati Loteng dan jajaran, di Pendopo Bupati Loteng, Jumat, 27 Mei 2022.

“Tahun ini kita memilih Loteng sebagai lokasi praktik latihan navigasi udara bagi taruna AAU tingkat III,” sebut Marsda TNI Eko Dono Indarto, didampingi Wakil Gubernur AAU, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M., serta sejumlah pejabat AAU lainnya.

Pelatihan navigasi tersebut digelar sebagai bagian dari pengenalan dan peningkatan kemampuan navigasi bagi para taruna AAU. Jadi taruna tidak hanya mendapat materi navigasi udara secara teori saja. Tetapi juga bisa langsung mempraktikan pengetahuan navigasi tersebut di lapangan.Sebagai bekal saat menjalankan tugas-tugasnya begitu selesai menjalani pendidikan di akademi kelak.

Dalam kegiatan pelatihan navigasi tersebut, pihaknya mendapat dukungan sejumlah fasilitas pendukung dari TNI AU. Berupa dua pesawat hercules serta satu pesawat cessna. Ditambah beberapa fasilitas penunjang lainnya. “Dalam kegiatan ini kita mengerahkan tiga pesawat, dukungan dari TNI AU,” sebutnya.

Jadi selama kegiatan, para taruna akan terbang ke Lombok sembari melakukan praktik navigasi. Di sela-sela itu, para taruna juga akan ikut berkegiatan ditengah masyarakat. Dengan begitu, bisa terbangun hubungan emosional antara AAU dengan masyarakat Loteng.

Eko menjelaskan, dipilihannya Loteng sebagai lokasi praktik latihan navigasi udara karena di Loteng saat ini juga tengah berangsung Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) Nusantara XLII yang diikuti taruna AAU tingkat IV atau akhir. Jadi kehadiran taruna tingkat III yang melaksanakan pelatihan navigasi udara juga bisa mendukung kegiatan Latsitarda yang tengah berlangsung.

“Taruna AAU yang menjalankan latihan navigasi udara bisa berkolaborasi dengan taruna yang menggelar Latsitarda,” ujar jenderal bintang dua ini.

Sebelum memulai kegiatan pelatihan navigasi udara, para taruna akan menggelar parade marching band yang dipusatkan di Kota Praya. Harapanya, parade marchingband taruna AAU tersebut menambah semarak kegiatan pelatihan navigasi udara serta Latsitarda itu sendiri. (kir)

Tiitle Ads