Selaraskan Kurikulum dengan Iduka, Forum Komunikasi SMK Maritim NTB Gelar Workshop Penyusunan Silabus

0
Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan,   didampingi Ketua Forum Komunikasi SMK Maritim NTB Ahmad Quroni tandatangani MoU dengan pihak MMC saat kegiatan Workshop Penyusunan Silabus Slide dan Bahan Ajar Mata Pelajaran SMK Maritim. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Forum Komunikasi SMK Maritim NTB “Adhika Wiyata Kawiswara Bahari” menggelar Workshop Penyusunan Silabus, Slide dan bahan ajar mata pelajaran produktif kepada para guru SMK Maritim se NTB.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 26-28 Mei tahun 2022 tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd., ini bertujuan penyelarasan kurikulum, silabus, bahan dan slide ajar mata pelajaran dengan kebutuhan atau keinginan dunia industri, dunia kerja (Iduka)

Dalam workshop ini juga sekaligus dilakukan beberapa agenda, yakni pelepasan alumni SMKN 1 Lembar bekerja di perusahaan-perusahaan pelayaran baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu ada kegiatan penandatanganan MoU atau perjanjian kerjasama antara Kadis Dikbud NTB dengan Mandalika Maritim Center (MMC) terkait pendidikan sertifikasi kepelautan, pemagangan dan penempatan lulusan.

Kadis Dikbud NTB H. Aidy Furqan mengapresiasi kegiatan workshop yang digelar Forum Komunikasi SMK Maritim NTB bersama MMC tersebut. “Kami menyambut dan mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini dari dulu kita sudah kita siapkan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi SMK Maritim NTB Ahmad Quroni mengatakan kegiatan workshop ini digelar untuk penyelarasan kurikulum, silabus, slide dan bahan ajar mata bagi guru-guru Nautika dan teknika SMK Maritim se NTB.  “Diikuti oleh semua SMK, ada sebanyak 13 SMK di NTB. Termasuk salah satu sekolah dari dari SMKN NTT,” jelas Kepala SMKN 1 Lembar ini.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari profesional yakni Kapten Dr. Wahyu Wibosono, M. Mar, dari Bidang Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Selain itu narasumber lainnya, Kapten Febri Primananda Hariawan, M. Mar., dari pihak dunia industri. (her)

Tiitle Ads