MGPA Berencana Kembali Gelar ’’Mandalika Track Day’’

0
Priandhi Satria

Praya (Suara NTB)Event Mandalika Track Day menuai sukses besar pada gelaran perdananya yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, 21-22 Mei 2022 lalu. Karenanya, Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) berencana kembali menggelar event sejenis tahun ini juga.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama MGPA Prindhi Satria, dalam keterangan, Jumat, 27 Mei 2022. ‘’(Mandalika Track Day) Kami merencanakan untuk diadakan dengan peserta dan kemeriahan yang lebih semarak lagi. Minimal satu event lagi, track day dan drift camp sejenis,’’ ujar Priandhi Satria.

Pada gelaran perdana tersebut, tercatat ada 35 motor dan 30 mobil yang mengikuti track day. Kemudian ada delapan pro-drifters dan 10 drift star serta 50 komunitas otomotif yang mayoritas berasal dari Serang, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali dan Lombok. Termasuk pecinta otomotif Fitra Eri dan Motomobi ikut menguji kendaraan masing-masing diatas lintasan sirkuit sepanjang 4,31 km ini.

Hadir juga drifters ternama seperti Akbar Rais, Ziko Harnadi, Danny Ferdito, Theorosta, Adhanny dan Aldy Bosar yang turut beraksi pada tikungan 15-17 sirkuit Mandalika. Dari sisi penonton, total ada sekitar 1.600 sampai 1.800 orang yang hadir menonton event tersebut. Hal yang kemudian dijadikan pertimbangan untuk menggelar kembali event serupa.

Ia pun mengaku event tersebut tidak akan  bisa berlangsung sukses tanpa dukungan banyak pihak. Sehingga secara khusus, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung sukses dan lancaranya kegiatan Mandalika Track Day tersebut.

‘’Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan event Mandalika Track Day di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Event ini menjadi salah satu upaya kami dalam meramaikan sirkuit sekaligus mendukung program pemulihan pariwisata di Indonesia, khususnya di Pulau Lombok,’’ terangnya.

Utamanya, mendukung kawasan The Mandalika sebagai destinasi sport tourism dunia. Sehingga ke depan kawasan The Mandalika makin dikenal dunia. Dan, akan semakin banyak lagi event-event otomotif dunia yang digelar di kawasan The Mandalika, khususnya di sirkuit internasional Mandalika.

‘’Komitmen kami untuk terus mempersiapkan sejumlah event olahraga otomotif lainnya untuk diselenggarakan di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit ke depannya. Untuk menegaskan bahwa kawasan The Mandalika sebagai sport tourism kelas dunia,’’ tutup Priandhi.

Tahun ini masih ada dua event balap dunia yang akan digelar di sirkuit internasional Mandalika. Yakni FIM Superbike World Championship atau lebih dikenal dengan World Superbike (WSBK) direncanakan digelar pada tanggal 11-13 November 2022 mendatang. Sebelumnya itu ada event GT World Challengge Asia yang dilaksanakan pada bulan Oktotober. (kir)