Duta Bahasa Diharap Sebarkan Informasi Kebahasaan di Generasi Muda

0
Foto bersama pemenang Duta Bahasa NTB dan pimpinan Kantor Bahasa NTB. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kantor Bahasa Provinsi NTB   telah menyelenggarakan rangkaian acara final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022 di salah satu hotel di Mataram, Senin, 23 Mei 2022 sampai dengan Kamis, 26 Mei 2022. Para duta bahasa NTB diharapkan terus menyebarkan informasi kebahasaan dan kesastraan di kalangan generasi muda di NTB.

Pada acara puncak final, Kepala Kantor Bahasa NTB, Dr. Umi Kulsum, S.S., M.Hum., memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan dan dukungan yang besar bagi para Duta Bahasa Provinsi NTB yang terus semangat mengembangkan bahasa dan sastra, terutama di kalangan generasi muda saat ini.

“Duta Bahasa Provinsi NTB adalah salah satu perpanjang tanganan kami dalam menyebarkan informasi kebahasaan dan kesastraan di NTB, terutama di kalangan generasi muda saat ini. Dukungan dari Bapak/Ibu dan Ikatan Duta Bahasa Provinsi NTB sangat berkontribusi besar dalam kesuksesan acara ini dan kegiatan kami lainnya,” ujarnya.

Ia berharap generasi muda melalui wadah Ikatan Duta Bahasa Provinsi NTB terus bersinergi dengan Kantor Bahasa Provinsi NTB dalam membina, mengembangkan, dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia.

Berbagai tahapan sebelum masuk ke tahap final terdiri atas seleksi administrasi, dilanjutkan dengan pembekalan materi bagi 100 peserta terpilih, seleksi wawancara bagi 50 peserta, dan tahap 20 finalis terpilih.

Kegiatan pembekalan materi hari pertama diisi oleh Dr. Umi Kulsum, S.S., M.Hum. yang menyampaikan materi Kebijakan Bahasa dan Bahasa Pewara. Kasman, M.Hum., menyampaikan materi Kondisi Kebahasaan di NTB. Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, M.Pd., menyampaikan materi Literasi Digital dan Mangam Arjuna Saputra menyampaikan materi tentang Teknik Pembuatan Konten Video.

Selanjutnya pada hari kedua, materi diisi oleh Hartanto, S.S. yang menyampaikan materi Teknik Penulisan Laporan dan Sosialisasi UKBI. Syaiful Bahri, M.Pd., menyampaikan materi Kondisi Sastra NTB. Toni Samsul Hidayat, M.Pd. menyampaikan materi Bahasa dan Hukum. Hemas Tirta, S.I.Kom., menyampaikan materi Teknik Berbicara di Depan Umum dan Teknik Presentasi.

Berikutnya, kedua puluh finalis mengikuti tahapan selesi terakhir, yaitu tahap final selama empat hari. Kegiatan hari pertama diisi dengan presentasi program kerja kebahasaan dan kesastraan yang akan atau yang telah dilakukan oleh para peserta. Hari kedua pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dan tes psikologi. Hari ketiga pertunjukan minat bakat dan wawancara mendalam mengenai kemampuan berbahasa asing para peserta. Hari keempat merupakan puncak acara Penganugerahan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022 Terpilih.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M., saat memberikan sambutan, menyampaikan apresiasi penuh atas berbagai kegiatan Kantor Bahasa Provinsi NTB dan upaya serta kerja keras selama ini dalam membina dan menggiatkan bahasa dan sastra Indonesia di wilayah NTB.

“Setiap era, setiap masa selalu mempunyai masa pergerakan tersendiri. Inilah saatnya untuk terus memacu semangat diri, semangat generasi muda untuk berkontribusi dengan baik melalui Duta Bahasa Provinsi NTB ini. Seberapa cerdas kita mengelola SDM yang kita miliki. Karakter bangsa adalah kekayaan yang harus kita jaga. Saya berpikir bahawa Kantor Bahasa Provinsi NTB mengemban tugas ini juga karena tercermin dalam Sumpah Pemuda 1928,” ujar Najamuddin Amy.

Dari kedua puluh finalis yang mengikuti rangkaian acara final tersebut, ditetapkan dua pasang pemenang utama dan satu pasang pemenang favorit. Berikut para pemenang terpilih.

Pemenang I, yaitu Yusri Ramadhan dan Ckristy Diana Darmayanti, S.Kep. Pemenang II, yaitu Ichlasul Amal dan Sylvia Maulida Damayanti. Pemenang Favorit, yaitu Arya Wahyu Sukma Adji dan Yulia Mashela Safarina.

Tujuan kegiatan rutin ini digelar setiap tahunnya untuk membina semangat para generasi muda Indonesia, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sebagai rumah yang memfasilitasi generasi muda berkiprah lebih banyak mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia.

Berbagai perwakilan dari lembaga/instansi dan perguruan tinggi hadir menyemarakkan dan memberikan dukungan atas pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTB, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTB, Universitas Nahdhatul Wathan, Universitas Pendidikan Mandalika, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, perwakilan Putri Batik Indonesia, Duta Pariwisata NTB, Terune Dedare NTB, dan perwakilan dari duta generasi muda lainnya. (ron)

Tiitle Ads