Damri Siap Angkut Penonton MXGP

0
Tukul Erwanto (Suara NTB/dok)

PELAKSANAAN Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota Kabupaten Sumbawa, tinggal 26 hari lagi. Hal yang paling penting pada pelaksanaan MXGP nanti adalah masalah transportasi. Salah satu operator yang selama ini dipergunakan dalam melayani angkutan penumpang atau penonton dalam event berskala internasional, khususnya saat World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah adalah Damri.

Manajer Operasional Perum Damri Cabang Mataram, Tukul Erwanto yang dihubungi Suara NTB, Jumat, 27 Mei 2022, menegaskan kesiapan pihaknya memberikan pelayanan angkutan penonton MXGP. Meski demikian, hingga Jumat kemarin, pihaknya belum dihubungi oleh pihak panitia atau pemerintah daerah membahas mengenai masalah transportasi MXGP.

‘’Kami selalu siap memberikan pelayanan. Bahkan, dari sekarang kami sudah menyiapkan 10 bus medium untuk mengangkut penonton. Cuma, sampai saat ini, kami belum ada yang menghubungi untuk penunjukan atau membantu pengangkutan penonton,’’ ungkapnya.

Adanya 10 bus berukuran medium ini, ujarnya, karena pelaksanaan MXGP bersamaan dengan pemberangkatan jemaah calon haji (JCH) akhir Juni mendatang. Pihaknya juga harus mempersiapkan 10 unit bus BLT yang dipergunakan saat mengangkut penumpang pada MotoGP bulan Maret 2022 lalu.

Dalam hal ini, Damri harus melayani pengangkutan 6 kelompok terbang JCH dari daerah asal menuju Asrama Haji Mataram, kemudian dari Asrama Haji menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Sama halnya seperti tahun-tahun sebelum Covid-19, tambahnya, pelayanan pengangkutan pada JCH berusaha lebih maksimal. Sejumlah fasilitas diberikan pihak Damri pada JCH yang akan berangkat ke tanah suci, seperti bus menggunakan AC, pengeras suara, wireless, kotak PPPK, pemadam kebakaran, palu pemukul kaca jika terjadi insiden.

‘’Pada intinya, kami siap mengangkut penonton MXGP kalau dibutuhkan. Dan kami juga memberikan pelayanan pada JCH yang mulai diberangkatkan akhir Juni,’’ ujarnya. (ham)