Buruh Pasar Paokmotong Tewas Kena Sengatan Listrik

0
Lokasi tempat kejadian korban tersengat aliran listrik di pasar Paokmotong, kecamatan Masbagik, Lombok Timur.(Suara NTB/Ist)

Selong (Suara NTB)– Dua warga Dusun Bagek Gaet Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, tewas kena sengatan listrik. Identitas korban Agus Septin Hadi (21) dan Sahtum (34). Keduanya merupakan buruh di pasar Paokmotong.

Musibah dialami Agus dan Sahtum ini disaksikan Ridwan dan Hamdan. Berdasarkan keterangan saksi sekira pukul 15.20 wita Kamis lalu bertempat di pasar Paokmotong, tepatnya di stand lapak depan pasar, Agus tengah merapikan barang dan mengikat keranjang tomat yang terbungkus  karung warna putih.

Tiba-tiba, Agus septian Hadi terpeleset akibat licin dikarenakan baru selesai hujan dan korban secara spontan memegang tiang lapak terbuat dari rangka baja menggunakan kedua tangannya. Tubuh korban bergetar dan kejang-kejang.

Saksi Ridwan menduga korban sedang bercanda. Namun pada saat saksi Ridwan memegang korban Agus Septian Hadi saksi merasakan ada sengatan arus listrik sehingga langsung dilepas. Selanjutnya  datang saksi Hamdan yang berusaha mendekati korban Agus Septian yang masih memegang tiang dan dilarang oleh Saksi Ridwan sambil berteriak mengingatkan ada aliran listrik.

Mendengar teriakan saksi Ridwan dan melihat korban Agus Septian Hadi masih dalam posisi berdiri dengan memegang tiang lapak pasar. Korban Sahtum datang dan coba langsung berusaha menolong korban dengan cara memeluk sambil menarik tubuh korban. Sahtun sebenarnya juga sudah diingatkan agar tidak mendekat.

Namun, karena tidak hiraukan peringatan Ridwan, Sahtum yang menolong keluarganya itu ikut tersengat aliran listrik. Ridwan kemudian berteriak agar stop kontak listrik dimatikan dan barulah kedua tubuh korban lemas dan terlepas dari tiang lapak pasar. Selanjutnya, barulah para buruh lainnya  berusaha menolong kedua  korban dengan membawa ke Puskesmas Masbagik dengan menggunakan mobil  bak terbuka.

Kedua korban  meninggal akibat sengatan aliran listrik yang aliran kabelnya terkelupas dan menempel pada  kanal spandek. Diketahui, kedua korban  ada hubungan keluarga, yakni antara paman dan keponakan.

Aliran listrik penyebab meninggalnya kedua korban mengalir/terpasang dari  stop kontak yang dipasang dan dikelola secara pribadi oleh Amaq Musa petugas jaga malam pasar Paokmotong. Jarak antara tempat kejadian dengan stop kontak sendiri sekitar 27 meter. (rus)

Tiitle Ads