Tiket MXGP Mulai Dijual Awal Juni

0
Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah memukul gong sebagai tanda diresmikannya event “MXGP of Indonesia Samota - Sumbawa”.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Event Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia Samota-Sumbawa 2022 akan diselenggarakan pada 24 sampai 26 Juni mendatang. Pengerjaan sirkuit terus digenjot dan ditargetkan paling telat 15 Juni mendatang. Sementara penjualan tiket dimulai awal Juni mendatang baik secara online maupun offline.

Demikian disampaikan Komandan Lapangan MXGP, Ir. H. Ridwan Syah, dalam press confrence di Sirkuit Samota, Rabu lalu. Hadir  juga Bupati Sumbawa, Drs.H.Mahmud Abdullah, Wakil Bupati  Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd dan Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Nanang Nasiruddin.  Tak ada keraguan lagi, Samota akan menjadi lokasi penyelenggaraan kejuaraan dunia MXGP 2022. Setelah diluncurkan secara resmi pelaksanaannya oleh Ketua Umum IMI Pusat di Jakarta pada 19 Mei lalu.

Saat ini untuk progres pembangunan sirkuit sudah mencapai 40 persen. Pihaknya optimis sirkuit segera dituntaskan, paling lambat 15 Juni mendatang.  “Insya Allah  paling lambat 15 Juni sirkuit ini akan selesai. Kami terus bekerja. Setelah sirkuit track selesai seluruhnya, peralatan akan hadir kita bawa sebagian dari Jakarta, Surabaya, Lombok, dan Sumbawa. Sirkuit ini dibuat modelnya seperti mangkok. Semua penonton bisa melihat pergerakan pembalap dari semua sudut manapun,”terang Kadis PUPR NTB ini.

Dalam event MXGP nantinya sebanyak 500 orang akan hadir dari 19 negara peserta, baik pembalap, kru, serta tim. Mereka akan datang mulai 21 Juni mendatang dengan rute penerbangan, Jerman-Jakarta, Jakarta-Lombok, Lombok-Sumbawa. Para tamu luar negeri ini akan disambut dengan keramah tamahan, dan diterima di sejumlah hotel yang disiapkan Pemkab Sumbawa.

Selanjutnya, puluhan ribu penonton terbagi dalam tiga kelas. Yakni kelas festival dengan posisi berdiri, kemudian kelas VIV dan kelas VIV. Adapun penonton VIV dan VVIV sebanyak 2.500. Sisanya adalah penonton yang berdiri. Untuk harga tiket paling murah Rp. 100 ribu dan mulai dijual awal Juni mendatang.

 “Harga tiketnya menurut PT. Roket Indonesia sebagai Event Organizer sangat terjangkau dengan harga termurah Rp 100 ribu. Tiket akan mulai dijual awal Juni baik online maupun offline. Penjualan online akan bekerja sama dengan tiket.com dan offline bisa dilakukan di Sumbawa, bisa di beberapa tempat di beberapa kota,” ujar Ridwan.

Dipilihnya Samota sebagai lokasi kejuaraan ini, lanjutnya, harus dimaknai sebagai sebuah berkah. Event ini bukan milik Bupati, Wakil Bupati maupun Gubernur, tetapi miliknya NKRI. Karenanya, butuh dukungan semua pihak termasuk masyarakat Sumbawa sebagai tuan rumah. Melalui event seperti ini menjadi momentum untuk mengembalikan ekonomi.

‘’Oleh karena itu mari kita syukuri sebagai momentum untuk kita menggeliatkan Samota, Sumbawa, NTB. Mari kita hadirkan keramahtamahan Sumbawa, Sumbawa bersih, nyaman dengan adat budaya yang sangat terkenal. Kita sambut sebaik-baiknya. Sehingga suksesnya MXGP dibarengi dengan bagaimana kita mensyiarkan Sumbawa ke seluruh pelosok dunia. Mudah-mudahan ini adalah awal kita semua, momentum ini kita manfaatkan menumbuh kembangkan ekonomi melalui sport tourism event MXGP,’’ harapnya.

Nama resmi dari event ini adalah “MXGP of Indonesia Samota – Samawa 2022”, dan nama sirkuit yang digunakan adalah “Rocket International Circuit”. Selanjutnya event ini akan dilaksanakan tepatnya 24 hingga 26 Juni 2022. Manfaat lain dari event ini diselenggarakan adalah untuk mengembalikan ekonomi Sumbawa itu sendiri, yang dimana UMKM dan hasil pangan pun akan meningkat, dan memberikan keuntungan lainnya bagi Sumbawa ini. Info selanjutnya, tim dari 19 negara akan hadir pada 21 Juni 2022 di Sumbawa. Dari Jerman langsung ke Jakarta. Setelah itu dari Jakarta ke Lombok dan akhirnya ke Sumbawa. Sekitar 500 orang dari luar negeri akan hadir, Ada 80 orang pembalap, 40 pembalap MXGP, dan 40 pembalap MX2.

MXGP internasional ini akan dihadiri oleh sekitar 50 ribu penonton. Bisa dikatakan, pertama kalinya dalam sejarah Republik Indonesia. Bahkan Sumbawa yang memiliki penonton hingga sebanyak itu. Disinilah kesempatan masyarakat Sumbawa untuk mempromosikan kepada mereka adat, wisata, dan lain sebagainya.

Bupati Sumbawa  Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan, MXGP  ini merupakan berkah sekaligus tantangan. Dengan mengajak masyarakat Sumbawa menyambut dengan baik tamu-tamu yang berdatangan dari luar daerah. “Bayangkan, kita akan kedatangan 50 ribu penonton atau tamu dari luar maupun dalam daerah. Jadi, saya minta kepada semuanya, mari kita tunjukkan kepada mereka, bahwa Sumbawa ini akan bisa menyambut mereka dengan baik. Kita tunjukkan bahwa adat Sumbawa ini sangat baik dan ramah,’’ ujarnya. (arn)

Tiitle Ads