Siswa MAN 2 Mataram Borong Juara di Berbagai Lomba

0
Siswa MAN 2 Mataram borong juara di berbagai lomba yang digelar, baik skala lokal maupun nasional. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Siswa MAN 2 Mataram kembali memborong juara di berbagai ajang perlombaan, di antaranya lomba High School Accounting Competition (HIAC), lomba debat Bahasa Inggris SKETSA dan lomba Lagapraja KSR PMI Unit Undikma Se-Pulau Lombok.

Kepala MAN 2 Mataram, Lalu Syauki MS, M.Pd., bersyukur atas keberhasilan ini. “Alhamdulillah dan terima kasih telah membuat prestasi gemilang dan semoga ini menjadikan semangat kedepan untuk terus menjadi lebih baik,” paparnya.

Dengan hasil tersebut, pihaknya berharap untuk tidak berpuas diri namun tetaplah rendah hati terus belajar karena ke depan ilmu selalu berkembang seiring perkembangan zaman.

HIAC (High School Accounting Competition) merupakan ajang kompetensi akuntansi yang dilaksanakan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Kegiatan lomba HIAC dilaksanakan sehari dan terbagi menjadi dua babak, yakni babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan dilaksanakan dengan menjawab soal pilihan ganda sebanyak 120 soal dan 5 soal uraian dalam waktu 120 menit pertim. Mewakili siswa MAN 2 Mataram yakni Irna Salsabila, Hafizhah Yustia Ayu, dan Violia Rahmi Sabrina sebagai satu tim.

Berdasarkan hasil babak penyisihan, MAN 2 Mataram terpilih sebagai 5 besar untuk selanjutnya melaju dalam babak final dalam bentuk lomba cerdas cermat 3 babak. Berdasarkan hasil lomba cerdas cermat, MAN 2 Mataram harus puas diposisi empat sebagai juara harapan satu, dengan juara berturut-turut 1,2,3,4 dan 5 yakni SMKN 1 Mataram, MAN 1 Lotim, SMAN 2 Mataram, MAN 2 Mataram dan SMAN 3 Mataram.

Selain lomba kompetensi akuntasi, siswa-siswi MAN 2 Mataram pun berhasil meraih juara dalam ajang SKETSA English Debate Competition 2022 sebagai 3 second runner up dan memeroleh medali perunggu sebagai 6th dan 5th best speaker serta medali perak sebagai 2nd. Best Speaker.

Ajang lomba lainnya yang diikuti oleh siswa-siswi MAN 2 Mataram dan berhasil menyabet juara umum adalah Lagapraja KSR PMI Unit Undikmas untuk peserta SMA/MA/SMK yang dilaksanakan oleh KSR PMI unit Undikma (Universitas Pendidikan Mandalika) tahun 2022. Dalam ajang lomba ini, terdapat 7 jenis macam lomba yang diikuti oleh siswa MAN 2 Mataram. Dan dari keseluruhan mata lomba, perwakilan siswa-siswi MAN 2 Mataram berhasil memenangkan lomba disetiap jenis lomba yang diadakan, sehingga, tidak mengherankan MAN 2 Mataram berhasil meraih predikat Juara Umum.

“Usaha tidak mengkhianati hasil,” ungkap Pembina PMR dan UKS, yang juga Guru Kimia, Erna Rofiqa,S.Pd., bersama pelatih Guruh Rizky Firdaus berhasil membawa siswa-siswa ekstrakurikuler PMR menjadi juara umum lomba Lagapraja Undikma 2022. Sebelum pelaksanaan lomba, tim terpilih PMR MAN 2 Mataram berlatih selama kurang lebih 3 minggu. 2 minggu di bulan Ramadhan, dengan intensitas latihan 3 kali seminggu dan berlanjut seminggu setelah lebaran dengan intensitas latihan setiap hari.

Lomba Lagapraja Undikma dilaksanakan di Jakamandala selama 4 hari 3 malam yakni 19-22 Mei 2022, sehingga setiap peserta diwajibkan menginap. Sebelum keberangkatan, rombongan siswa MAN 2 Mataram didampingi oleh Wakasis MAN 2 Mataram, Meci Karimah Kasipahu, S.Pd., dan M. Helmi Basyuni, M.Pd.I., melaksanakan doa bersama.

Erna mengaku, ketika latihan, banyak siswa anggota PMR Manda yang mengeluh dan merasa capek, apalagi dalam kondisi berpuasa. Namun, setelah dikomunikasikan dengan pelatih, siswa kembali bersemangat mengikuti latihan. Belum lagi ketika pelaksanaan lomba, tenda basah dikarenakan hujan lebat yang mengguyur Kota Mataram, hal ini membuat anak-anak menjadi kurang bersemangat.

Namun, ujarnya, kejadian tersebut dapat ditanggulangi dengan mendatangkan senior-senior PMR untuk menyemangati serta membawakan makanan sebagai penyemangat. ‘’Alhamdulillah, setelah berakhirnya lomba anggota PMR Manda merasa semakin dekat dan kompak, terlebih ketika lomba berlangsung terdapat rutinitas yang tetap dijaga yakni Salat Magrib dan mengaji bersama dalam tenda,” terangnya. (ron)

Tiitle Ads