Pengusaha Ternak Dompu Dapat Tambahan Kuota 1000 Ekor Kirim ke Jakarta

0
Pelabuhan laut Soro Kempo.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Pengusaha ternak Kabupaten Dompu mendapat tambahan kuota izin pengiriman ternak ke luar daerah hingga seribu ekor di tahun 2022. Izin ini di luar 550 ekor yang menjadi kuota pengiriman melalui program tol laut pada 6 – 9 Juni mendatang.

Kendati mendapat kuota izin pengiriman ternak ke luar NTB, proses pengiriman ternak tersebut tidak bisa dilakukan melalui jalur darat dan harus menggunakan angkutan kapal laut. “Dompu mendapat kuota pengiriman ternak untuk kebutuhan idul qurban dengan tol laut itu satu kapal. Kapasitas kapal tol laut itu 550 ekor, ndak bisa lebih dan bisa kurang,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Ternak Indonesia (Gapetani) Kabupaten Dompu, H. Sanusi, S.Sos kepada Suara NTB, Kamis, 26 Mei 2022.

Zainal Arifin. (Suara NTB/ist)

Selaut kuota pengiriman dengan tol laut, para pengusaha ternak Kabupaten Dompu juga telah mendapatkan persetujuan izin dari Gubernur NTB untuk pengiriman seribu ekor ternak keluar NTB. Hanya saja, pengiriman ternak ini tidak bisa menggunakan transportasi darat seperti sebelum – sebelumnya. Tapi pengiriman ternak ini harus melalui jalur laut dan dibongkar langsung di Jakarta.

“Sekarang ndak bisa dikirim melalui jalur darat, harus melalui jalur laut. Itupun harus dibongkar langsung di Jakarta. Ndak bisa dibongkar di Jawa Timur atau di Jawa Tengah, karena daerah itu sudah ada PMK,” ungkap H. Sanusi.

H. Sanusi juga mengaku, sejauh ini tidak ada kendala dalam pengurusan izin di daerah penerima ternak. Karena memang pulau Sumbawa tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Bahkan pada pengusaha ternak dari Bima sudah mengirim ternaknya hingga 7 ribu ekor. “Untuk sementara tidak ada kendala (bagi pengusaha ternak) di pulau Sumbawa, karena memang tidak ada kasus PMK. Pelarangan itu hanya daerah ada kasus PMK-nya,” kata H. Sanusi.

Namun H. Sanusi mengatakan, pihaknya kini tengah memfokuskan pengiriman ternak untuk kuota tol laut. Sementara untuk tambahan kuota izin, beberapa pengusaha merencanakan akan menggunakan kapal carter dan diangkut melalui pelabuhan Soro Kempo.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Ir. Zainal Arifin, MSI yang dihubungi terpisah mengatakan, kuota pengiriman ternak bagi kebutuhan lebaran idul adha bagi pengusaha ternak kabupaten Dompu sebanyak 550 ekor dan dijadwalkan 9 Juni 2022 mendatang. Saat ini pihaknya sedang mengecek ternak dan pengambilan sample darah untuk pemeriksaan kesehatan. “Saat ini kami sedang melakukan cek fisik dan pemeriksaan kesehatan bagi ternak potong yang akan dikirim keuar daerah atau ke DKI,” ungkap Zainal Arifin, Kamis kemarin. (ula)