Pasar Murah YDSL, Hujan Deras, Pengunjung Tetap Membeludak

0
Pengunjung memadati Gebyar Pasar Murah  yang digelar Yayasan Dharma Sewanam Lombok (YDSL) di pelataran parkir Komplek Pertokoan Selaparang Square Cakranegara, Kota Mataram, Kamis, 26 Mei 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kendati  hujan mengguyur lebat,  namun  pengunjung Gebyar Pasar Murah  yang digelar Yayasan Dharma Sewanam Lombok (YDSL) di pelataran parkir Komplek Pertokoan Selaparang Square Cakranegara, Kota Mataram, Kamis, 26 Mei 2022, tak menyurutkan semangat warga berbelanja. Para pengunjung yang sejak pagi sudah membeludak,   menyerbu lapak-lapak dan melakukan transaksi.

Diperkirakan,   selama  seharian pasar murah yang digelar untuk menyambut  Hari Raya Galungan dan HUT YDSL ke-1 itu,,  telah terjadi  transaksi   mencapai  Rp300 juta.  ‘’Situasi ini menunjukkan bahwa perekonomian masyarakat  Kota  Cakranegara dan sekitarnya sudah menggeliat,’’   ungkap Ketua Dewan Pembina  YDSL,  Dr.  Ir. I Gusti Lanang Media,  M.Si., di lokasi pasar murah,   kemarin.

Gebyar Pasar Murah  YDSL kali ini,  diikuti oleh sedikitnya  34  peserta,  mayoritas  dari kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  Kota  Mataram dan sekitarnya.  Para peserta menawarkan  berbagai  produk kerajinan mereka, di antaranya  sembako,    aneka kue,  kuliner,  kain,  baju kebaya,  sarana  upakara,  aneka asksesoris dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. ‘’Pokoknya segala kebutuhan rumah tangga dan keperluan menyambut  Hari Raya Galungan dan Kuningan, tersedia dengan harga yang relatif lebih murah,’’  ungkap  Ketua  Panitia Pasar Murah YDSL,  Luh  Putu  Anggraini.

Gebyar Pasar Murah  YDSL  didukung oleh beberapa mitra usaha di antaranya  Bank BPD Bali Perwakilan Mataram,  PT Bank Sowan Utama,  Savana Bale Kebaya,   Dinas Ketahanan Pangan  Provinsi NTB,  Dinas Sosial Provinsi NTB, Bulog Provinsi NTB dan owner Komplek  Pertokoan  Selaparang  Square.  ‘’Mereka mitra  kerja  kami,  dan motivasi kami sama yakni melayani masyarakat,’’  tambah Ratu Ayu Ade,  Sekretaris Panitia Pasar Murah.

            Namun yang tidak kalah penting dari event pasar murah  ini  adalah, YDSL  hadir memfasilitasi  berlangsungnya  transaksi  antara  para pelaku usaha  UMKM    Mataram  dengan  masyarakat (pembeli)  Cakranegara dan sekitarnya.  Membuatkan sarana   bagi   UMKM  untuk  memperkenalkan dan memasarkan  produk  mereka.  ‘’Dan  memudahkan  masyarakat   untuk mendapatkan  bahan-bahan  dan alat-alat  upacara  keagamaan menjelang  Hari Raya Galungan dan Kuningan,’’  ucap   Gusti Lanang Media, yang  juga  Ketua Dewan Pimpinan  Regional   (DPR)  ICHI  NTB.

              Masyarakat Cakranegara dan sekitarnya,  tampak menyambut  dengan  semangat  kegiatan pasar murah   YDSL. Mereka merasa terbantu  di dalam  memenuhi  kebutuhan pokok  rumah tangga  seperti  sembako  dan lainnya.  Pasar murah  yang dibuka mulai  pukul 07.00  Wita,  pengunjung  sudah berduyun-duyun  datang dari berbagai penjuru kota niaga  Cakranegara dan sekitarnya.

Selain memasarkan  barang,  ada juga lapak peserta yang menawarkan jasa pijat gratis. Sedikitnya  ada dua ahli pijat,  laki dan wanita, terlihat  sibuk memijat pasien  secara silih berganti sambil  melulurkan  minyak herbal unggulan yang mereka pasarkan.  Suasana pasar murah  YDSL benar-benar  terasa menghidupkan  denyut  perekonomian di pusat kota dagang Cakranegara. Seiring dengan meredanya hujan yang mengguyur  Kota  Mataram,  arena pasar murah pun ditutup  pada  sekitar  pukul 17.00 Wita.  (r)   

Tiitle Ads