Huu Dapat Bantuan PT STM Melalui Program Partisipasi Desa

0
Siswa-siswi MIS Al Safar Desa Huu saat memanfaatkan meja dan kursi belajar bantuan PT STM dalam program partisipasi Desa tahun 2021 / 2022.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Program partisipasi Desa (PPD) menjadi program pemberdayaan masyarakat dari PT Sumbawa Timur Mining (STM) untuk masyarakat lingkar tambang di kecamatan Huu. Program kegiatan yang diambil dari Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM) ini, disusun bersama Kepala Desa serta disinkronkan dengan program Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

Pelaksanaan program partisipasi Desa ini mendapat pengawalan khusus oleh masing-masing Fasilitator Desa (FD) di setiap Desa se kecamatan Huu. Tiga fokus kegiatan dalam PPD PT STM, yaitu bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Tujuannya agar bisa meningkatkan taraf hidup dan kesehatan masyarakat, sehingga bisa lebih berkembang dan maju.

“Ada banyak bantuan yang kami terima dari program pemberdayaan PT STM selama ini. Kita berharap kedepan, bantuan tetap diberikan dan ditingkatkan. Karena kami sadar, tidak mungkin pembangunan dan pemberdayaan hanya bisa dilakukan mengharapkan anggaran dari pemerintah,” kata Kepala Desa Huu, Mujahidin kepada Suara NTB, Rabu, 25 Mei 2022.

Pembagian kios rombong untuk 2 orang pelaku usaha kecil menengah (UMKM) di Desa Huu, Senin, 23 Mei 2022 menandai tuntasnya program partisipasi Desa tahun 2021/2022. Bantuan kios rombong ini tidak untuk dijadikan hak milik, sehingga bisa dipindahkan ke warga Huu lain yang membutuhkan ketika kios tersebut tidak dimanfaatkan. Karena bantuan ini tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat agar lebih berkembang dan maju.

Selain bantuan 2 unit kios rombong, program partisipasi Desa bidang ekonomi di Desa Huu juga terdapat pembuatan plan pendakian Doro Puma di Dusun Nangadoro, pembagian 9 unit pelampung untuk nelayan, dan bantuan mesin penggilingan tepung komplit dengan pemarut kelapa untuk warga Desa Huu.

Pada bidang pendidikan, PT STM juga membantu MIS Al Safar berupa 13 unit meja dan 26 kursi belajar siswa, pergantian 4 unit pintu kelasnya, serta renovasi ruang kelas MIS Al Safar. Bantuan juga diberikan kepada SDN 13 Huu yang berlokasi di obyek wisata Lakey berupa 3 unit rak buku, dan perbaikan atap ruang kelasnya.

Sementara untuk bidang kesehatan, PT STM membantu pembangunan 12 unit jamban keluarga bagi warga miskin dan belum memiliki jamban. “Kita juga bantu etalase untuk penyimpanan Al Quran untuk masjid jami’ Al Falah Desa Huu,” kata St Utami, Rabu kemarin. (ula)

Tiitle Ads