Suhu di Arab Saudi Dekati 50 Derajat, Kemenag Minta Jemaah Haji Jaga Kondisi Kesehatan

0
H. M. Zaidi Abdad

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan haji tinggal sebentar lagi. Begitu juga dengan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) ke Arab Saudi akan dilakukan awal Juni 2022 ini. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sudah melakukan pengecekan kesiapan penyelenggaraan haji di Arab Saudi selama lima hari.

Dari kunjungan kerja Menag ke Arab Saudi menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB Dr. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag., satu hal yang mesti diperhatikan oleh seluruh CJH sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi adalah masalah kesehatan. Seluruh CJH, ujarnya, mesti memperhatikan kesehatan, karena di Arab Saudi sedang musim panas.

Saat Menag melakukan kunjungan, ungkapnya, temperatur suhu di Arab Saudi antara 40-44 derajat celcius. Namun, itu belum mencapai masa puncak cuaca. ‘’Menurut informasi yang diterima Bapak Menteri Agama di Arab Saudi, itu belum di masa puncaknya. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,’’ ungkapnya pada Suara NTB, Selasa, 24 Mei 2022.

Untuk itu, Menag berharap kepad a seluruh jemaah, termasuk di NTB mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.  “Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrem, suhu udara yang ekstrem,’’ sarannya.

Selain itu, semua jemaah haji di NTB memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji. “Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja,” ujarnya mengutip pesan Menag.

Hal lain yang mesti dilakukan CJH sebelum diberangkatkan, tambahnya, memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik. Dalam masa tunggu ini sampai nanti calon jemaah haji diberangkatkan, ujarnya, persiapan ini penting untuk dilakukan. ‘’Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi,”  ujarnya mengingatkan.

Kakanwil menyebut, Menag Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan ke Arab Saudi selama lima hari. Selain memperhatikan masalah cuaca, Menag juga meninjau kesiapan akomodasi, transportasi, katering, serta layanan kesehatan.

Sebelumnya, pada hari Senin, 23 Mei 2022, Kakanwil Kemenag NTB menghadiri bimbingan manasik haji bagi CJH asal Lobar di Gedung Bir Ali 1, UPT Asrama Haji Embarkasi Lombok. Bimbingan manasik haji yang diadakan Kemenag Lobar diikuti 246 CJH yang berasal dari Kabupaten Lobar.

Pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenag NTB, mengapresiasi Kemenag Lobar yang telah memulai melaksanakan bimbingan manasik kepada CJH. Karena manasik haji ini penting bagi calon jemaah sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Kakanwil juga mengingatkan pada peserta manasik agar banyak bersyukur, karena termasuk yang bernasib mendapat panggilan melaksanakan ibadah haji dari ratusan juta umat Muslim yang berharap sama. Untuk itu, dalam berhaji mesti menata hati agar selalu pasrah, tawakal dalam melaksanakan ibadah serta ikhlas menerima qadarullah. ‘’Jangan suudzon terhadap Allah apapun yang menimpa. Sesuatu yang tidak baik menurut manusia,bisa jadi baik menurut Allah,dan sebaliknya,’’ ujarnya mengingatkan.

Dalam melaksanakan ibadah apa saja, tambahnya, termasuk ibadah haji harus didasari dengan ilmu. Selain itu, menjaga diri dari niat, perkataan, perbuatan yang tidak baik dan selalu meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. (ham)

Tiitle Ads