Pasar Apung Indonesia yang Menakjubkan

0
Ilustrasi

Karena Indonesia memiliki letak geografis berada di kepulauan yang dipisahkan oleh perairan, sehingga tak heran jika jual beli atau perdagangan dilakukan di atas perahu atau istilahnya pasar apung. Cara tradisional jual beli ini pun ternyata masih banyak dilakukan hingga saat ini di beberapa pasar apung Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, eksistensi pasar apung Indonesia ini terus berlangsung dan kini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang menarik. Beberapa daerah di Indonesia pun juga menjadikan pasar apung ini menjadi sebuah objek wisata dan menggunakan perahu tradisional sebagai penunjang. Hal ini pun sangat mendorong para wisatawan mancanegara untuk merasakan sensasi jual beli di atas perahu. Akses mudah dengan pesan tiket bus secara online juga mendukung saat perjalanan.

Seperti contohnya Floating Market Lembang yang sudah tidak asing lagi di kalangan turis mancanegara. Keunikan kegiatan perdagangan inilah yang kemudian diadaptasi oleh tempat-tempat wisata di Indonesia. Berikut ini beberapa daftar pasar apung Indonesia yang cocok dijadikan destinasi liburan dan juga sarana edukasi:

1. Pasar Apung Jakarta

Tak perlu pergi jauh-jauh pesan tiket bus ke Kalimantan untuk mencoba pengalaman belanja di pasar apung Indonesia. Karena di Jakarta ada sebuah pasar apung yang bisa kamu kunjungi dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Tepatnya di Taman Impian Jaya Ancol, kamu dan keluarga sudah bisa mencoba pengalaman ala tempo dulu yang satu ini.

Pasar Apung Jakarta ini berlokasi di wilayah Dermaga Hati Pantai Ancol. Berbeda dengan pasar apung pada umumnya yang berada di sungai, Pasar Apung Jakarta ini berada di atas pantai. Namun intinya tetap sama, yaitu perdagangan di atas air. Perbedaan lainnya adalah di sini hanya pedagangnya yang berada di atas air, sementara pembelinya berada di atas dermaga.

Biasanya penjual mendagangkan hasil tangkapan ikan laut, seperti udang, kerang, kepiting, dan lain-lain dengan harga yang cukup bervariasi. Beberapa sayur-mayur juga diperdagangkan di Pasar Apung Jakarta ini. Selain bisa melakukan transaksi jual beli di Dermaga Hati, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah sepanjang jembatan di pantai.

2. Pasar Apung Muara Kuin di Kalimantan Selatan

Indonesia pasar apung yang satu ini adalah destinasi paling ikonik, karena pernah menjadi tempat shooting sebuah televisi swasta yang terkenal sampai saat ini. Lebih kerennya lagi, Pasar Apung Muara Kuin sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Tak heran jika pasar apung ini menjadi pelopor dan tertua di Indonesia.

Untuk mencapai ke sini, kamu bisa pesan tiket bus menuju Banjarmasin Utara lalu turun di sekitar Sungai Barito. Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki hingga sampai ke destinasi ini. Pasar apung ini hanya tersedia di pagi hari, yakni mulai pukul 06.30 sampai 08.00 WITA.

Pasar apung Indonesia ini sangat lengkap dalam menjajakan barang dagangannya seperti pasar pada umumnya. Mulai dari sayuran, buah-buahan, lauk-pauk, kebutuhan sembako, pakaian, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Selain itu, kamu pun dapat berwisata kuliner khas Banjarmasin di tempat ini seperti sop Banjar dan nasi sop Banjar.

3. Floating Market Lembang

Jawa Barat juga punya Indonesia pasar apung andalan yang terkenal akan objek wisatanya. Floating Market Lembang ini menjadi destinasi favorit pilihan keluarga Indonesia karena kelengkapan area wisatanya. Di sini kamu dan keluarga bisa mendapatkan sarana edukasi, berbagai macam wahana permainan, dan juga wisata kuliner yang lezat.

Pasar apung yang ada di Lembang ini berada di atas danau dan menjual sayur-mayur dan buah-buahan segar. Hal inilah yang menjadi sarana edukasi bagi orangtua dalam mengajarkan anak-anaknya bertransaksi jual-beli. Dijamin akan menjadi liburan yang berkesan untuk anak-anak!

Setelah pesan tiket bus ke Bandung, siapkan juga dana sebesar Rp15.000-Rp20.000 untuk membayar tiket masuk ke Floating Market Lembang ini ya. Kamu pun bisa menikmati berbagai fasilitas wisata, seperti Rainbow Garden, Taman Kelinci, Becak dan Kereta Api Mini, hingga Studio Kostum Khas Jepang dan Korea.

4. Pasar Terapung Langkat di Sumatera Utara

Beranjak dari Bandung, segera pesan tiket bus menuju Desa Pulau Sembilan, Kabupaten Langkat di Sumatera Utara. Karena di sini ada sebuah pasar apung Indonesia yang tak kalah menarik dengan yang ada di Kalimantan. Yakni Pasar Terapung Langkat, yang secara tidak langsung terinspirasi dari pasar apung yang berada di Kalimantan.

Pasar Terapung Langkat ini diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 9 Februari 2009 dan menjadi pasar apung Indonesia yang paling terkenal di Provinsi Sumatera. Pasar ini sengaja diciptakan sebagai Indonesia pasar apung buatan demi menjaga kestabilan harga ikan kerapu. Karena menjadi komoditi utama masyarakat Kabupaten Langkat, ikan kerapu sangatlah dijaga dari kemerosotan harga pasarannya.

Itulah tadi 4 pasar apung Indonesia yang bisa sekaligus menjadi destinasi wisata. Mulai dari Pasar Apung Jakarta, Pasar Apung Muara Kuin, Floating Market Lembang, hingga Pasar Terapung Langkat memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Ke semua tempat destinasi tersebut bisa pesan tiket bus umum yang semakin memadai di Indonesia.

Dengan merencanakan liburan yang matang, jangan lupa untuk pesan tiket bus secara online dari jauh hari sebelum liburan. Hal tersebut untuk menghindari kehabisan tiket karena saat ini tempat wisata di Indonesia sudah mulai ramai kembali. Pesan tiket bus secara online juga memiliki keuntungan seperti potongan harga dan kamu bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan. Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan sekarang juga! (r)

Tiitle Ads