Pemkot akan Lakukan Uji Kompetensi Pejabat

0
Hj. Baiq Evi Ganevia. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram akan melakukan uji kompetensi terhadap jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di Kota Mataram. Tujuannya untuk dilakukan pergeseran terhadap pejabat yang sesuai dengan kompetensi.

Informasi dihimpun Suara NTB, uji kompetensi pejabat eselon II akan melibatkan tim dari luar pemerintah. Pejabat pembina kepegawaian sudah menandatangani persetujuan untuk menguji kemampuan pejabat tersebut.

Asisten III Setda Kota Mataram, Dra. Hj. Baiq Evi Ganevia dikonfirmasi pekan kemarin membenarkan adanya uji kompetensi terhadap seluruh pejabat eselon II di Lingkup Pemkot Mataram. Hasil uji kompetensi nantinya akan dijadikan acuan oleh kepala daerah untuk menempati pejabat. “Iya, rencananya memang begitu,” jawab Evi singkat.

Evi enggan menjelaskan detail kapan pelaksanaannya maupun siapa saja yang dilibatkan dalam proses uji kompetensi tersebut. Bahkan, ia mengelak rekomendasi untuk pelaksanaanya uji kompetensi telah dikeluar dari pemerintah pusat. “Tunggu saja. Nanti tergantung dari arahan  Pak Wali,” kilahnya.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin juga enggan memberikan penjelasan secara detail terkait skenario pelaksanaan uji kompetensi pejabat.

Ia hanya secara singkat menyampaikan, uji kompetensi beda dengan asesmen pejabat. Uji kompetensi itu lebih melihat kemampuan pejabat di posisi tertentu. “Kalau asesmen menilai layak tidak menempati posisi tertentu,” jelasnya.

Kaitannya dengan jadwal pelaksanaan dan siapa saja terlibat dalam proses pelaksanaan uji kompetensi. Muja juga enggan mengomentari. “Tanya bu Asisten III saja langsung,” kilahnya.

Seperti diketahui, Walikota Mataram H. Mohan Roliskana sejak lama memberikan signal untuk melakukan rotasi dan mutasi JPTP. Pasalnya, posisi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, sejak September 2021 lalu, kosong. Jabatan lainnya yang akan lowong di awal bulan Juni adalah Kepala Dinas Pertanian. Kepala Dinas Pertanian yang kini masih dijabat Dr. H. Mutawalli akan memasuki purnatugas pada Selasa (31/5) pekan depan. (cem)

Tiitle Ads