Fasilitas Hotel Terus Dibenahi Penuhi Standarisasi

0
Fasilitas yang ada di Samawa Seaside Cottage. (Ekbis NTB/Facebook Samawa Seaside Cottage)

PENGINAPAN menjadi salah satu pendukung yang perlu disiapkan dengan matang dalam rangka menghadapi event Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota, Sumbawa Besar, pada Juni 2022 mendatang.  Fasilitas yang ada terus dibenahi untuk memenuhi standar event internasional tersebut.

Beberapa penginapan yang kini tengah melakukan pembenahan yakni Samawa SeasideCottage dan Samawa Transit Hotel. Selain masalah kebersihan, komunikasi juga menjadi atensi pihak pengelola. Termasuk juga beberapa fasilitas yang ada.

“Kesiapannya kami mengacu kepada standarisasi yang diterapkan oleh STI. Karena mereka meminta kepada kami bahwa ada beberapa standar yang harus bisa dipenuhi, misalnya komunikasi, kebersihan. Terutama di komunikasi, Wifi-nya, teleponnya segala macam,” kata Direktur Operasional Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel, Ruri Mahmud kepada EkbisNTB beberapa waktu lalu.

Terkait komunikasi, menurutnya, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak Telkom, terutama untuk lokasi SeasideCottage. Karena merupakan daerah yang blank area. Saat ini pihak Telkom sudah menarik jaringan sampai ke lokasi hotel.

Meski jaringan sudah masuk, pihaknya juga diminta agar saat pelaksanaan event,  kemampuan peralatan memadai sehingga komunikasi lancar.  Otomatis peralatan Wifi, telepon, harus mempunyai kapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan peserta maupun tamu. “Kita sedang mempersiapkan alat-alat. Jadi kita sedang mengganti alat komunikasi RpWiFi dan telkom yang ada di Transit dan Seaside dengan kapasitas yang lebih besar. Itu yang ditekankan. Jadi setiap saat pembalap, panitia, krunya bisa berkomunikasi secara nyaman, mudah, dan baik hasilnya,” ujarnya.

Di samping itu, kata Ruri, secara umum pihaknya tetap menjaga kebersihan di hotel dan membuat paket-paket wisata.  Sehingga nanti tamu dari luar negeri itu bisa menikmati dengan nyaman wisata Sumbawa. Yang jelas fasilitas terus diperbaiki, kekurangan yang ada disempurnakan. Kemudian kedua juga dilengkapi, mungkin nantinya juga akan ada acara hiburan.

Pihaknya merencanakan untuk adanya atraksi di hotel sebagai hiburan para tamu. “Intinya kita akan sambut mereka meriah, dengan kehangatan, hospitality-nya kita tingkatkan. Karena saya juga dapat pesan dari pejabat tinggi juga diupayakan untuk dibantu untuk promosikan Sumbawa. Kita sedang rancang untuk atraksi di sini. Atraksi yang khusus yang akan kita tampilkan sedang kita rencanakan,” bebernya.

Terkait fasilitas tambahan, diakuinya, secara umum tidak terlalu banyak. Tapi pihaknya berencana  menempatkan fasilitas campingground yang lebih eksekutif di wisata Pantai Ai Loang. Kebetulan Ai Loang juga berada di samping SeasideCottage dan satu manajemen. Nantinya untuk campingground akan tersedia fasilitas seperti toilet, listrik, WiFi dan lainnya.

Untuk camping ground, pihaknya sedang mendiskusikan dengan pihak pengurus yang berada di Mataram. Adapun untuk camping ground yang akan disediakan masih sedang didiskusikan. “Kami berharap sih kalau bisa 1.000 lebih itu lebih bagus. Tapi masih dalam pembicaraan. Semuanya dihitung dulu,” jelasnya.

Terkait ketersediaan kamar hotel, lanjutnya, untuk Samawa SeasideCottage kurang lebih 30 dengan rincian model cottage ada 11 kamar, model lumbung 7 kamar dan standar 12 kamar. Selain itu juga ada fasilitas kolam renang, boat dan lain sebagainya. Sedangkan di Samawa Transit Hotel ada 35 kamar, dengan rincian model swift 2 kamar, deluxe 3 kamar, single 6 kamar, dan standar 24 kamar. “Itu yang kita siapkan. Yang kurang kita perbaiki,” pungkasnya.(arn)

Tiitle Ads