Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Lobar Kerjasama dengan UIN Mataram

0
Bupati Lobar H. Fauzan Khalid melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan Rektor UIN Mataram Prof H. Masnun Tahir. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Setelah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus di dalam daerah dan luar daerah, Pemkab Lombok Barat (Lobar) kembali menjalin kerjasama dengan dunia kampus. Kali ini Pemkab Lobar menjalin kerjasama denga Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang tri Dharma Perguruan Tinggi antara Pemkab Lobar dan UIN Mataram yang dilakukan di ruang kerja Bupati Lombok Barat di Giri Menang Gerung Kamis, 19 Mei 2022.

Penandatangan kesepakatan kerjasama ini dilakukan oleh Bupati Lobar  H. Fauzan Khalid dan Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir.

Dalam pemaparannya Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan pihaknya sangat terbuka dengan kalangan akademisi, karena kalangan akademisi memiliki banyak ide dan gagasan yang luar biasa untuk pembangunan. Karenanya ia terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan di Lobar.

Dengan merangkul dunia pendidikan diharapkan dapat muncul ide dan gagasan yang brilian yang menunjang proses pembangunan dan kualitas pendidikan di Lobar. “Kalangan akademisi sangat luar biasa memiliki ide dan gagasan yang luar biasa sehingga kami harapkan dapat muncul gagasan gagasan yang luar biasa dari kalangan kampus,” ujarnya.

Bupati dua periode yang sukses meningkatkan IPM menjadi posisi 4 se NTB ini mengatakan Pemkab Lobar telah melakukan kerjasama dengan berbagai universitas dan kampus baik yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah.

Hal ini tentu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan di Lobar. Sebab kalangan akademisi memiliki berbagai gagasan yang penting dan perlu dalam menunjang pembangunan. “Kami telah menjalin kerjasama dengan berbagai kampus baik di dalam daerah dan luar daerah. Ini sebagai langkah kita untuk mewujudkan Lombok Barat Mantap (Amanah, Sejahtera dan Berprestasi) dan kali ini kita jalin dengan UIN Mataram. Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi Lombok Barat dan UIN Mataram,” ujarnya.

 Sementara itu, Rektor UIN Mataram  H. Masnun Tahir menjelaskan pihaknya memiliki komitmen untuk berkerjasama dengan pemerintah Dderah untuk meningkatkan pendidikan. Ia mengatakan kampus tidak hanya bersinergi tetapi juga menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dalam berbagai aspek. Kerjasama ini tidak hanya dalam bidang pendidikan saja, namun dalam berbagai aspek pembangunan seperti urusan pemerintah daerah seperti pencanangan atau perencanaan pariwisata halal.

Hal ini merupakan kerjasama pertama antara Pemkab Lobar dan UIN Mataram. Selain itu kerjasama juga bisa dalam aspek sosial kemasyarakatan seperti penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Kami memiliki komitmen dalam peningkatan kualitas pendidikan serta akan terus berkontribusi dalam berbagai aspek pembangunan di Lobar, karena kami menjalin kerjasama dengan pemkab agar dapat mensukseskan berbagai program pembangunan di daerah,” ujarnya.

Masnun Tahir mengatakan kerjasama ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, agar proses pembangunan dapat berjalan dengan baik dan maksimal.  Selain itu, pihaknya berharap agar kerjasama ini dapat menjadi wadah bagi UIN Mataram dan Lobar   dalam menjalankan tri dharma pembangunan.

Hadir dalam pertemuan yang penuh dengan suasana keakraban ini antara lain Asisten l Setda Lobar Agus Gunawan, Kepala Dinas Perindag, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Koperasi UKM, Kepala BKD PSDM, Ketua LP2M UIN Mataram, Dekan Syariah, Dekan Dakwah dan sejumlah pejabat teras di UIN Mataram. (her)

Tiitle Ads