Stabilkan Harga Jagung, Wabup Surati Pengusaha untuk Naikan Harga Beli

0
Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan didampingi kepala Bagian Prokopim Setda Dompu, Ardiansyah, saat bertemu dengan manager PT SAN cabang Kabupaten Dompu di kantor Bupati Dompu, Jumat, 20 Mei 2022.(Suara NTB/Humas Pemda Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT menyurati PT Seger Agro Nusantara untuk menstabilkan pembelian jagung petani. Dari tiga pengusaha jagung di Dompu, hanya PT Seger yang membeli jagung petani di harga Rp.3.800 per kg, sehingga menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Ketergantungan petani pada PT Seger cukup tinggi, kendati perusahaan ini membeli jauh di bawah harga 2 perusahaan lain yang membeli Rp.4.150 per kg dan Rp.4.350 per kg. Karena PT Seger merupakan perusahaan pertama dan terbesar yang menyerap jagung petani Dompu.

“Munculnya demonstrasi masyarakat yang menggambarkan kekecewaan petani atas rendahnya harga pembelian jagung oleh perusahaan. Hal tersebut berpotensi mengganggu stabilitas sosial di daerah,” kata wakil Bupati Dompu dalam surat himbauannya yang ditujukan kepada PT Seger Agro Nusantara, Kamis, 19 Mei 2022.

Semua elemen yang berusaha di Kabupaten Dompu memiliki tanggungjawab bersama pemerintah untuk menjaga kondisi yang aman dan nyaman bagi semua, sehingga kegiatan berusaha berjalan dengan baik. “Maka dihimbau kepada PT Seger Agro Nusantara, agar menaikan harga pembelian jagung petani sebagaimana perusahaan – perusahaan lain di Kabupaten Dompu,” harapnya.

Surat himbauan wakil Bupati ini sebagai tindak lanjut tuntutan massa aksi dari aliansi serikat tani Kabupaten Dompu yang melakukan aksi blokir jalan di Madaprama kecamatan Woja menuntut stabilnya harga jagung di tingkat petani.

Surat ini langsung direspon PT Seger Agro Nusatara (SAN) dan Manager Cabang Dompu, Indrawan Juliansyah Lubis langsung menemui wakil Bupati Dompu usai Jumatan, (20/5) kemarin. Dalam pertemuan itu, pihak PT SAN akan menaikan harga pembelian jagung petani menjadi Rp.4 ribu per kg dengan kadar air (KA) 17 persen dan Rp.4.150 per kg untuk kadar air 15 persen. “Mulai Sabtu, 21 Mei 2022, kami akan membeli jagung petani dengan harga Rp.4.150 per kilo gram untuk kadar air 15 persen dan Rp.4 ribu per kilo gram untuk kadar air 17 persen,” katanya.

Pembelian dengan harga ini berlaku untuk lima hari kedepan dan setelahnya akan mengikuti perkembangan harga jagung Provinsi NTB. (ula)

Tiitle Ads