Targetkan Sakip BB di 2023, Inovasi Pemanfaatan Aplikasi Permudah Peningkatan Kinerja

0
Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT saat meluncurkan SAKIP Kabupaten Dompu kategori BB tahun 2023 dan inovasi pemanfaatan aplikasi e-SAKIP, Si JARA PASAKA, dan e-Salaja di pendopo Bupati, Kamis, 19 Mei 2022. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Kabupaten Dompu menargetkan pencapaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di tahun 2023 dengan kategori BB. Saat ini, SAKIP Pemda Kabupaten Dompu kategori B dengan nilai 60,66 poin dan butuh tambahan nilai 9 poin untuk mencapai 70 poin kategori BB. Pemanfaatan aplikasi dalam pelayanan akan sangat membantu perbaikan kualitas layanan pemerintah dan berdampak pada peningkatan nilai SAKIP.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT melaunching SAKIP Kabupaten Dompu kategori BB tahun 2023 dan inovasi pemanfaatan aplikasi e-SAKIP, Si JARA PASAKA, dan e-Salaja di pendopo Bupati Dompu, Kamis, 19 Mei 2022. Ketiga aplikasi ini merupakan inovasi dari peserta diklatpim III dari Pemda Dompu tahun 2022. Yaitu aplikasi e-SAKIP inovasi dari M Nukman, SH (Kabag Ortal Setda Dompu), Si JARA PASAKA inovasi dari Ardiansyah, SE (Kabag Prokopim Setda Dompu), dan e- Salaja inovasi dari Syahrul Ramadhan, SP (Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu).

Wakil Bupati bersama Sekda Dompu dan evaluator SAKIP dari KemenPAN RB RI melakukan foto bersama dengan 3 pejabat administrasi peserta Diklatpim III dari Pemda Dompu.(Suara NTB/ist)

Peluncuran SAKIP dan inovasi pemanfaatan aplikasi ini, juga dihadiri Gempar Ganefianto, SE dari Kemen PAN RB, Staf Ahli Gubernur NTB bidang pemerintahan, Dr Nursalim, S.Sos, MM., dan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi NTB, Subhan Hasan, S.Sos yang akan mendampingi pemanfaatan aplikasi e-SAKIP. Karena target kategori BB SAKIP Kabupaten Dompu tahun 2023 ini juga menjadi bagian dari target SAKIP untuk Provinsi NTB dengan kategori A.

“Terimakasih pemerintah Provinsi yang sudah memfasilitasi penggunaan e-SAKIP bagi Kabupaten Dompu. Ini memang cita – cita lama, ini mimpi lama kabupaten DOmpu dan mimpi lama ini terwujud saat ini,” ungkap Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan.

H. Syahrul pun meyakini, target SAKIP kategori BB ini akan dapat dicapai pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu. Terlebih saat ini sudah ada modal SAKIP dengan kategori B dan sudah memiliki aplikasi e-SAKIP, Perbup SAKIP, Perbup Evaluasi kinerja. Tim ekselerasi kinerja sebagai langkah implementasi SAKIP di Kabupaten Dompu.

Wabup juga memberikan apresiasinya kepada 10 pejabat administrasi lingkup Pemda Dompu yang mengikuti Diklatpim III tahun 2022 di Balai Diklat NTB. Dengan berbagai inovasinya bisa menjadi solusi atas perbaikan layanan pemerintahan di Kabupaten Dompu. Tiga aplikasi ini menjadi salah bagian dari inovasi peserta diklatpim III. “Daerah tidak rugi mengirim para pejabat ini mengikuti diklatipim III dengan berbagai inovasi yang dimiliki,” kata H. Syahrul.

Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM, MMKes sebelumnya menyampaikan, untuk mewujudkan target SAKIP kategori BB tahun 2023 mendatang butuh gerakan bersama mewujudkannya. Mulai dari perbaikan layanan, penerapan aplikasi sebagai inovasi dalam meningkatkan layanan, dan penataan administrasi dan dokumen. “Untuk mencapai kategori BB, kita butuh penambahan nilai 9 point dari capaian SAKIP tahun ini sebanyak 60,66 poin,” katanya. (ula)

Tiitle Ads