Profesi Konsultan Mulai Diminati Generasi Milenial NTB

0
H. Hasmudin. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Profesi konsultan mulai dilirik oleh generasi milenial NTB yang baru menyelesaikan pendidikan kesarjanaannya. Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Provinsi NTB, H. Hasmudin, menjelaskan fenomena banyak generasi milenial NTB mulai menekuni dunia konsultan yang sebelumnya bukan profesi favorit bagi anak muda.

“Fenomena ini menarik, pada periode 2018 – 2022 justru banyak anak konsultan muda yang bergabung ke Inkindo NTB, dan ini sangat bagus sekali. Jadi saat ini 31 anggota Inkindo, sebagian merupakan generasi milenial,” kata Hasmudin pada kegiatan Musprov Inkindo Provinsi NTB ke X di Mataram, Kamis, 19 Mei 2022. Bergabungnya para konsultan muda akan mempercepat akselerasi peran Inkindo di NTB yang dituntut beradaptasi dengan ekosistem digital di dunia bisnis, birokrasi hingga perizinan.

“Inkindo NTB merancang program sesuai dengan perubahan zaman. Saat ini dunia sudah memasuki era 5.0, sumber daya manusia kami menjadi kuncinya,” ujar Hasmudin. Adalah pihak yang ditunjuk oleh pemberi tugas atau klien untuk melaksanakan pekerjaan proyek perencanaan dalam hal ini bangunan. Konsultan perencana dapat berupa perorangan atau badan usaha baik swasta maupun pemerintah.

Keberadaan konsultan perencana amatlah penting dalam perencanaan sebuah proyek konstruksi. Jenis-jenis Konsultan Perencana diantaranya, Konsultan arsitektur, Konsultan struktur,  dan Konsultan Mekanikal Elektrikal/MEP. Serta Konsultan estimasi biaya/estimator. Konsultan arsitek bertugas menjadi kepala koordinator konsultan-konsultan lainnya. Konsultan arsitek bertugas mendesain bangunan yang berkaitan dengan arsitektur. Sedangkan konsultan struktur bertugas untuk merencanakan konstruksi bangunan yang dirancang oleh konsultan arsitek.

Dalam Musprov Inkondo ke- X yang digelar sehari kemarin, sekaligus dilakukan pemilihan ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Inkindo NTB. Untuk menggantikannya setelah dua periode menjadi ketua DPP Inkindo NTB. H. Hasmudin mengatakan, kepada ketua dan pengurus Inkindo NTB yang terpilih nantinya, diharapkan akan melanjutkan tongkat estafet, salah satunya meregenerasi lebih massif lagi konsultan-konsultan milenial.

Menurutnya, konsultan milenial bisa berkiprah dalam pembangunan NTB. Apalagi pemerintah daerah dengan Inkindo sudah cukup harmonis. Dibuktikan dengan lahirnya kebijakan di NTB untuk memperhatikan jasa konsultan dan konstruksi lokal. “Peraturan Gubernur NTB No. 20 Tahun 2019 ini dibuat untuk meningkatkan partisipasi usaha kecil dan menengah di bidang konstruksi dan konsultansi. Beleid ini mengatur pedoman pelaksanaan pengadaan jasa konstruksi melalui penyedia lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Pergub ditandatangani oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada 15 Juli 2019. Artinya pemerintah daerah juga sudah sangat memperhatikan konsultan lokalnya,” jelas H. Hasmudin. (bul)