Pemkot Segera Distribusikan Beras untuk Lansia

0
Hj. Asnayati. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram dalam hal ini, Dinas Sosial telah melelang pengadaan beras bagi warga usia lanjut (lansia) untuk 3.000 orang. Beras tersebut segera didistribusikan , sedang kualitas beras dijamin karena proses pengecekan melibatkan tim ahli.

Kepala Dinas Sosial Kota Mataram, Hj. Asnayati  menjelaskan, tahapan lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa telah ditentukan pemenang tender. Saat ini, memasuki tahapan penandatanganan kontrak. Rekanan pemenang tender yakni UD. Tunas Sari Marni beralamat di Jalan Brawijaya, Lingkungan Gerung Butun, Kelurahan Mandalika. Rekanan memenangkan tender dengan nilai penawaran Rp928 juta dari pagu anggaran Rp 990 juta. “Semua prosesnya di BPBJ,” kata Asna dikonfirmasi, Kamis, 19 Mei 2022.

Pengadaan beras lansia diperuntukkan bagi 3 ribu orang. Masing-masing lansia akan menerima 5 kilogram selama enam bulan. Bantuan beras lansia kata Asna, adalah program rutin Pemkot Mataram. Penyalurannya pun berdasarkan surat keputusan walikota. “Tahun ini hanya mengcover selama enam bulan dan nanti kita akan tambah di ABT,” jelasnya.

Rencananya beras lansia disalurkan mulai Juni – November. Penyalurannya mengikuti aliran kas di Dinas Sosial Kota Mataram. Mantan Sekretaris Inspektorat Mataram ini memastikan, beras yang diterima lansia sudah terjamin kualitasnya. Untuk menjamin kualitas beras yang disiapkan rekanan telah dilibatkan tim ahli dari Badan Urusan Logistik (Bulog). Bulog lanjutnya, mengecek secara kualitas dan lain sebagainya.

Sebelum penyaluran juga akan dicek secara acak, sehingga beras yang diterima oleh para lansia layak untuk dikonsumsi. “Iya, ndak mungkin kita cek semua. Jadi saat penyaluran dicek secara acak,” ujarnya.

Pengadaan beras lansia tambahnya, harus ditender karena nilai pengadaan di atas Rp200 juta. Beda dengan tahun sebelumnya, pengadaan beras lansia melalui penunjukan langsung karena nilainya kurang dari Rp200 juta. (cem)

Tiitle Ads