Forki NTB : Zigi Zaresta Sumbang Emas di SEA Games Buah dari Kedisiplinan Berlatih

0
H. Muzihir (Suara NTB/ris)

Mataram (Suara NTB) – Karateka andalan Indonesia asal NTB Ahmad Zigi Zaresta Yuda berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam, Rabu, 18 Mei 2022. Emas perdana dari kontingen karate itu menambah koleksi emas Indonesia.

Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Provinsi NTB, H. Muzihir mengaku sangat bersyukur atas prestasi Zigi di SEA Games yang telah mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Prestasi Zigi diraih karena ia dinilai sangat disiplin dalam berlatih. Terlebih setelah gagal menyumbangkan medali untuk NTB di PON Papua XX tahun 2021 kemarin, Zigi makin rajin latihan untuk menghadapi SEA Games ini.

“Zigi ini andalan Indonesia, bukan hanya NTB. Dia atlet nasional yang sering menyabet juara. Saya menyaksikan langsung saat pertandingan kemarin itu. Saya sebagai ketua Forki deg-degan saat nonton. Prosesnya kemarin cukup cepat, juri angkat bendera dan langsung juara,” kata H Muzihir kepada Suara NTB, Kamis, 19 Mei 2022.

Muzihir mengatakan, untuk mengibarkan merah putih di kancah dunia memang membutuhkan kerja keras dan kedisiplinan dalam bertalih. Pencarian bakat dan pembinaan terhadap bibit-bibit atlet dilakukan dari perguruan karate yang tersebar di sejumlah daerah di NTB.

“Setiap tahun minimal dua kali digelar turnamen di NTB dalam rangka mencari bakat dan menumbuhkan minat atlet dan di tingkat nasional hampir empat bulan sekali ada turnamen itu,” ujar Wakil Ketua DPRD NTB dari Fraksi PPP ini.

Zigi sukses mendulang medali emas usai mengalahkan atlet karate tuan rumah Vietnam di pertandingan  final nomor Kata perorangan putra cabang olahraga karate SEA Games yang berlangsung di  Hanoi, Vietnam, Rabu, 18 Mei 2022. Perolehan medali emas di SEA Games tersebut sesuai target.  Dimana sebelum tampil di event tersebut, Zigi memasang target mempertahankan medali emas SEA Games yang diraihnya tahun 2019.

Bagi Zigi medali emas SEA Games 2022 merupakan yang ke-dua. Pasalnya di SEA Games  2019 di Filipina, ia juga berhasil menyumbangkan medali emas di kelas yang sama. (ris)-

Tiitle Ads