Event Mandalika Track Day, Delapan Drifter Profesional akan Unjuk Kebolehan

0
Priandhi Satria

Praya (Suara NTB) Event Mandalika Track Day siap digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit kawasan The Mandalika, Sabtu, 21 Mei 2022. Seratusan penggemar motosport akan menjajal lintasan Sirkuit Mandalika. Tidak hanya itu, sebanyak delapan drifter profesional juga akan unjuk kebolehan dan kemampaun mengemudikan mobil balap di sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, dalam keterangannya, Kamis, 19 Mei 2022, mengatakan, kegiatan Track Day akan dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore. Kedua sesi ini akan diikuti oleh 50 partisipan yang akan mengendarai 2 mobil balap touring ditambah 25 mobil serta 30 motor.

Peserta Track Day sendiri hanya dibolehkan memacu kendaraannya maksimal hingga 100 km/jam. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Mengingat para pengendara belum mengenal dan terbiasa dengan lintasan Sirkuit Mandalika. Selain itu, para pengendara juga bukan pembalap profesional.

‘’Peserta akan diajak mengelilingi dan merasakan lintasan balap Pertamina Mandalika Circuit menggunakan kendaraan khusus. Dengan tiga agenda utama. Yakni track day, drift show dan drift coach.’’

Event tersebut digelar sebagai bentuk kontibusi pihaknya dalam memperkenalkan dan turut mendukung perkembangan olahraga otomotif di Indonesia, khususnya NTB. Sekaligus meramaikan sirkuit Mandalika pasca sukses menggelar event balap internasional MotoGP Maret 2022 lalu, melalui kegiatan otomotif yang lebih santai dan menghibur.

“Khusus agenda drift show ada delapan drifter profesional yang akan unjuk kebolehan. Sekaligus juga akan memberikan pelatihan singkat di area paddock sirkuit,” tambah Priandhi. Dibagi menjadi dua sesi, yaitu Single Drift Show dan Tandem Drift Show.

Pada sesi Drift Show tersebut, drifter profesional akan mengendarai 4 kendaraan dan menampilkan tiga hingga lima kali drifting di sejumlah tikungan sirkuit Mandalika. Di mana nantinya di setiap sesi drifting akan mengikutkan satu orang untuk duduk di samping pengemudi.

“Drifting adalah seni keterampilan teknik mengemudi dengan kecepatan tinggi diimbangi dengan kontrol mobil. Pengemudi harus menguasai teknik menyetir dimana pengemudi akan membuat posisi mobil menjadi miring dan meluncur dari sisi ke sisi pada kecepatan setinggi mungkin. Dengan event ini, kami berharap masyarakat semakin mengenal jenis olahraga otomotif ini,” tandasnya.

Layaknya event balap profesional, sebelum event Track Day digelar, pada Jumat besok (hari ini,red) akan dilakukan persiapan. berupa loading kendaraan, registrasi ulang peserta, pemasangan sticker pada kendaraan peserta, safety briefing, serta Circuit Track Walk yang wajib diikuti oleh seluruh partisipan sebelum dinyatakan laik mengikuti Track Day.

“Bagi masyarakat yang ingin masuk dan menyaksikan acara ini, bisa membeli tiket langsung di lokasi kegiatan. Dengan harga  Rp10.000, per orang, Rp 20.000 untuk motor dan satu pengendara, serta Rp30.000,- untuk mobil dan satu pengendara,” tutupnya. (kir)