Rendah, Minat Baca Masyarakat Lotim

0
Wabup Lotim H. Rumaksi Sjamsuddin bersama  Kadis Perpustakaan dan Arsip Lotim Muh. Zaenuddin dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Julmansyah dalam acara HUT Perpustakaan, Rabu, 18 Mei 2022. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Minat baca masyarakat Lombok Timur (Lotim) dinilai masih sangat rendah. Hal ini membuat Lotim terbilang masih tertinggal dalam hal literasi. Guna meningkatkan minat baca ini, perlu dibangun kebiasaan membaca sejak dini mulai dari anak-anak usia dini.

“Penting sekali untuk membaca sejak usia dini,” ungkap Wakil Bupati H. Rumaksi Sjamsuddin pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional ke 42 Acara yang berlangsung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lotim, Rabu, 18 Mei 2022. Hadir juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Julmansyah, S.Hut, M.AP.

Menurut Wabup, kurangnya minat baca ini berpengaruh pada kreativitas seseorang. Hal ini dinilai dialami para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kreativitas para pimpinan OPD rendah, karena kurangnya minat membaca.

Menurut Wabup Rumaksi membaca adalah suatu kebutuhan. Dia mengakui mengubah perilaku dan kebiasaan agar gemar membaca tersebut tidaklah mudah.  ‘’Mengubah perilaku manusia tidak segampang membalik telapak tangan,’’ ujarnya.

Berikutnya disinggung Wabup kondisi gedung Perpustakaan Lotim yang dianggap belum nyaman. Menurutnya, kenyamanan menjadi salah satu aspek penting masyarakat berkunjung di samping bahan bacaan atau koleksi buku yang dimiliki sebuah perpustakaan.

Orang nomor dua di Lotim ini pun meminta agar Perpustakaan Lotim menyediakan buku-buku wajib bagi para pelajar dan mahasiswa, termasuk buku mata kuliah kedokteran. Menurutnya buku teks kedokteran banyak dibutuhkan mahasiswa, terlebih mengingat harganya agak sulit dijangkau.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Muh. Zaenuddin berharap momentum peringatan hari buku nasional dapat meningkatkan minat membaca masyarakat Lotim.  Membaca buku akan membuat manusia kaya ilmu pengetahuan dan informasi dari seluruh dunia. (rus)

Tiitle Ads