Pemprov dan Pemkab Lobar Bentuk Tim Satgas Penanganan Konflik

0
Kapolda NTB, Djoko Poerwanto didampingi Kapolres Lobar, Wirasto Adi Nugroho dan Ketua DPRD Lobar, Hj. Nurhidayah berdialog dengan warga Mareje. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Barat (Lobar) membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan konflik untuk menangani serta mencegah potensi konflik yang terjadi. Menyusul terjadinya kesalahpahaman di Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lobar beberapa waktu lalu. Tim ini terdiri dari jajaran Pemprov, Pemda, TNI/ Polri dan unsur terkait lain di masing-masing daerah.

Kapolda NTB, Irjen. Pol. Djoko Poerwanto yang ditemui di sela-sela Gawe Rapah di Desa Mareje, mengatakan, pembentukan Satgas penanganan konflik sosial diatur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2012. Itu merupakan salah satu aturan dari negara yang harus dilaksanakan di NTB.

‘’Jadi Satgas penanganan konflik sosial itu, keterpaduan antara aparat yang ada di provinsi, kota dan kabupaten. Tujuannya apa? Untuk menghadapi kalau terjadi situasi konflik sosial dan harapannya tidak terjadi karena ada kegiatan pencegahan,’’ ujar Kapolda. Kalaupun terjadi, tentu cepat dilakukan penanggulangan dengan baik.

Sementara itu, Pemkab Lobar membentuk  Satgas penyelesaian konflik usai konflik di Desa Mareje, Kecamatan Lembar. Kapolres Lobar, AKBP Wirasto Adi Nugroho mengatakan bahwa pembentukan Satgas penyelesaian konflik untuk memastikan situasi tetap kondusif di Lobar. ‘’Satgas penyelesaian konflik ini diketuai oleh Bupati,’’ jelasnya.

Menurut Wirasto, usai insiden kesalahpahaman yang terjadi di Desa Mareje, Polres Lobar akan melibatkan seluruh elemen Satgas untuk bisa memberikan rasa aman di Mareje. Senada dengan itu, Ketua DPRD Lobar Hj Nurhidayah mengatakan, selaku Ketua DPRD dan masuk dalam Satgas penanganan konflik sosial kabupaten. Pihaknya bersama Pemda, sama-sama memiliki tugas. Apa yang menjadi aspirasi warga setempat akan menjadi prioritas bagi Pemda. ‘’Dan pasti kami dari Dewan terus kawal,’’ katanya. (her)

Tiitle Ads