Dikelola Koperasi Tripat, Lahan di Gili Trawangan Sesuai Peruntukan

0
Sekda Lobar, H. Baehaqi bersama Ketua Koperasi Tripat Mahyudin turun melakukan pengecekan lahan di Gili Trawangan. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Sekda Lombok Barat, Dr. H. Baehaqi selaku pengelola aset daerah melakukan penelusuran terhadap lahan seluas 9 are yang dikelola Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tripat di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Pihaknya turun mengecek lokasi lahan itu untuk memastikan dan mengamankan lahan yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga tersebut.

Hasil penelusurannya lahan itu bukan hak milik koperasi maupun Pemda, melainkan Hak Guna Bangunan yang diberikan selama 30 tahun kepada Koperasi Tripat sejak tahun 2007. Kemudian dilakukan pengusulan pembuatan serifikat HGB yang telah diterbitkan tahun 2010 oleh BPN.

“Lahan itu bukan hak milik koperasi tapi HGB. Dokumennya pun lengkap ada di Koperasi Tripat,”kata dia Rabu, 18 Mei 2022. Dan hasil penelusuran itu juga lanjut dia, lahan itu dikelola oleh Koperasi Tripat sesuai peruntukannya untuk restoran dan penginapan dalam rangka mempercepat pelayanan pariwisata.

Pihak Koperasi Tripat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Pihaknya sebagai Ketua Pengawas Koperasi, sudah turun ke lokasi lahan itu, seperti apa kerja sama penggunaan lahan itu. ‘’Pengelolaan lahan itu sudah sesuai untuk hotel dan restoran. Itu hasil pengecekan kami,’’ jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan, koperasi ke depannya harus tetap mengawasi dan merawat aset yang sudah ada di lahan itu. Karena lanjut dia, HGB itu boleh dikerjasamakan, boleh dibangun. Tidak boleh dijual dan tidak boleh diatas namakan.

Sementara itu, Ketua Koperasi Tripat H Mahyudin mengatakan, bahwa lahan seluas 9 are di Gili Trawangan itu adalah hak guna bangunan atas nama koperasi Patut Patuh Patju.”Dan hingga saat ini kami masih kelola dengan baik, sesuai peruntukan yang diamanahkan oleh pemerintah,”jelas dia. Sesuai HGB yang diperoleh Koperasi Tripat, lahan itu diperuntukkan untuk penginapan atau hotel dan restoran. (her)

Tiitle Ads