Zohri dan Sudirman Gagal Sumbang Medali di SEA Games

0
Ilustrasi Medali (Pixabay)

Mataram (Suara NTB) – Atlet atletik NTB, Lalu Muhammad Zohri dan Sudirman Hadi gagal menyumbangkan medali untuk Indonesia. Atlet unggulan NTB itu hanya mampu finis di  peringkat empat saat memperkuat tim estafet 4×100 meter putra  Indonesia di ajang SEA Games ke-31 di Hanoi National Sports Complex, Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin, 16 Mei 2022.

“Lalu Muhammad Zohri bersama Sudirman Hadi yang turun nomor estafet 4×100 meter putra finis di peringkat empat,” ucap Wakil Ketua Pengprov PASI NTB, Ridwan yang dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, Selasa, 17 Mei 2022.

Sebagaimana diketahui medali emas  estafet 4×100 meter direbut oleh Thailand dengan catatan waktu 38,58 detik, sementara Malaysia meraih medali perak setelah menorehkan waktu 39,09 detik. Untuk diketahui, terdapat tiga atlet NTB yang mewakili Indonesia di cabang olahraga atletik SEA Games 2022, yakni Zohri, Sudirman dan Sapwaturrahman.

Di pertandingan lain, Sapwaturrahman yang diunggulkan di nomor lompat jauh hanya mampu meraih medali perunggu. Peraih medali emas SEA Games 2019 ini  mencatat lompatan sejauh 7,16 meter saat tampil di SEA Games Hanoi Vietnam, Minggu, 15 Mei 2022.

Raihan medali perunggu yang dicatat oleh atlet asal Sumbawa ini diakui menurun  bila dibandingkan dengan hasil catatan lompatan yang diraihnya di SEA Games tahun 2019, dimana  Ia berhasil membuat  rekor terbaik SEA Games 2019  di nomor lompat jauh dengan lompatan sejauh 8,03 meter.  Itu artinya lompatan Sapwaturrahman di SEA Games kali ini menurun 0,42 meter dari hasil sebelumnya.

Sementara itu medali emas diraih atlet Vietnam, Nguyen Tien Trong dengan lompatan terjauh 7,80 meter. Kemudian medali perak diraih Janry Ubas Borin dari Filipina dengan lompatan 7,73 meter.

Meski gagal meraih medali emas, namun Sapwaturrahman mengaku puas dengan hasil tersebut. Hal itu disampaikan oleh Sapwaturrahman di grup media Facebook KONI NTB, Senin, 16 Mei 2022. “Alhamdulillah saya bersyukur masih bisa menyumbangkan medali untuk Negara, karena saat itu saya dalam kondisi cedera namun masih bisa mempersembahkan medali untuk negara,” ucapnya.

Pelatih Atletik Senior NTB, H. Muhdar yang dimintai tanggapannya  membenarkan bahwa prestasi yang diukir Sapwaturrahman memang sedikit menurun bila dibandingkan prestasi yang diukir di SEA Games sebelumnya. “Prestasi Sapwaturrahman  di SEA Games kali ini memang menurun karena di SEA Games 2019 Sapwa berhasil meraih medali emas dengan lompatan sejauh 8,03 meter,” ucapnya.

Menurut Muhdar, meski catatan waktu Sapwa menurun, namun hasil tersebut cukup baik melihat kondisi persiapan atlet yang minim.”Atlet kita persiapannya tidak terlalu baik, karena usai mengikut PON 2021 mereka sempat istirahat panjang, kemudian  mulai latihan di awal tahun 2022,” jelasnya. (fan)

Tiitle Ads