Scoot Tigerair Segera Buka Penerbangan Internasional di BIZAM

0
Ilustrasi

Praya (Suara NTB) – Penerbangan internasional di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) segera akan bertambah. Menyusul rencana Scoot Tigerair Singapura, membuka rute penerbangan Lombok-Singapura pertengahan Bulan Juni mendatang. Untuk tahap awal, maskapai Scoot Tigerair akan melayani penerbangan sebanyak empat kali seminggu.

Stakeholder Relations Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Arif Hariyanto, kepada Suara NTB, Selasa, 17 Mei 2022, menjelaskan, rencana awal penerbangan rute Lombok-Singapura akan dilayani setiap hari. Namun konfirmasi terakhir dari pihak maskapai penerbangan akan dilayani empat kali seminggu.

“Jadwal penerbanganya Hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu,” sebut Arif. Dimana untuk penerbangan hari Rabu, Jumat dan Minggu berangkat dari BIZAM pukul 11.20 Wita. Sementara khusus penerbangan hari Senin, berangkat pukul 16.00 Wita.

“Ini penerbangan langsung Singapura-Lombok-Singapura. Rencananya mulai operasi tanggal 17 Juni mendatang,” tambahnya. Dengan tambahan penerbangan tersebut, nanti BIZAM akan memiliki dua penerbangan internasional langsung. Setelah pada awal Mei kemarin, maskapai Airasia mulai melayani penerbangan rute Lombok-Malaysia, setiap hari.

Sebenarnya masih ada satu rute internasional lagi yang berpotensi untuk dibuka. Yakni rute Lombok-Perth Australia. Namun untuk rute ini sampai saat ini belum ada kejelasan soal maskapai mana yang bersedia beroperasi. “Kita masih menunggu kejelasan untuk rute Lombok-Perth Australia,” tandas Arif.

Disinggung arus penumpang di BIZAM pasaca arus mudik lebaran, Arif mengaku kondisinya masih fluktuatif. Tapi sudah dalam kondisi yang bagus untuk ukuran pasca pandemi Covid-19. Dimana rata-rata penumpang harian di BIZAM. Bahkan jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada periode yang sama bulan Mei tahun 2021 lalu, tahun ini jauh lebih baik.

Terhitung mulai tanggal 1 Mei kemarin, pergerakan penumpang di BIZAM konsisten diangkat diatas 5.000 hingga 6.000 orang perhari. Bahkan tanggal 12 Mei kemarin, jumlah penumpang menembus angka diatas 7.000 orang. “Harapan kita kondisi arus penumpang bisa terus membaik dari waktu ke waktu. Terlebih dengan masuknya maskapai intenasional, akan bisa mendorong peningkatan jumlah penumpang pesawat udara di BIZAM,” tutupnya. (kir)

Tiitle Ads