Temuan BPK, Pemkot akan Gelar Rencana Aksi

0
H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram akan menggelar rencana aksi untuk menindaklanjuti hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan NTB. Evaluasi akan dilakukan secara periodik, sehingga menghindari temuan berulang.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito menjelaskan, laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah Kota Mataram tahun 2021, akan diinventarisir catatan yang menjadi temuan auditor negara. Pendataan ini diperlukan agar jangan sampai rekomendasi yang dikeluarkan BPK tidak ditindaklanjuti. “Setelah dihimpun setiap periodik akan dievaluasi bagaimana tindaklanjutnya,” kata Sekda dikonfirmasi pekan kemarin.

Untuk mempermudah pemantauan akan digelar rencana aksi. Rencana aksi dimaksudkan untuk mencatat apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi temuan auditor tersebut.

Sekda menegaskan, tindaklanjut itu tidak hanya LHP tahun 2021, melainkan tahun sebelumnya. Temuan lama yang banyak belum ditindaklanjuti terutama masalah aset. Pihaknya akan mengevaluasi dan menyelesaikan jangan sampai menjadi temuan berulang. “Jangan sampai ini menjadi temuan berulang,” katanya mengingatkan.

Sebagai bentuk komitmen, organisasi perangkat daerah (OPD) harus membuat komitmen bersama untuk menyelesaikan temuan tersebut. Tindaklanjut temuan selama 60 hari pasca diterima LHP. Sekda menegaskan, OPD yang tidak menyelesaikan tunggakan akan menjadi bahan evaluasi pejabat pembina kepegawaian untuk dikenakan sanksi.

Wakil Walikota Mataram, TGH. Mujiburrahman juga memiliki komitmen menindaklanjuti catatan-catatan maupun rekomendasi atas LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Mataram Tahun 2021. Di samping itu, ia juga akan mempertahankan prestasi tersebut. “Saya mengapresiasi tim keuangan dan penganggaran yang bekerja keras sehingga Mataram delapan kali dapat WTP. Tetapi saya juga berpesan agar semua rekomendasi segera ditindaklanjuti,” ucapnya. (cem)