Siswa dan Siswi Digratiskan, SMP IT Baburrahman Ombe Baru Lobar Buka PPDB Perdana

0
Bupati Lobar H. Fauzan Khalid bersama Camat Kediri Hermansyah saat meresmikan ruangan dan peletakan batu pertama gedung SMP IT Baburrahman Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Pada 16 Mei 2022. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Baburrahman Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Lombok Barat (Lobar) membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) perdana atau pertama kali untuk tahun ajaran baru 2022-2023.

Bagi peserta didik angkatan pertama yang sekolah di SMP IT ini, tidak dipungut biaya alias gratis biaya pendidikan dan pondok. Rencananya, pembukaan PPDB akan dimulai tanggal 15 Mei 2022. Sekolah ini menawarkan beberapa program prioritas dan unggulan bagi peserta didiknya. Tiga program unggulan yang disiapkan yakni Tahfiz, komputer dan multimedia serta penguasaan tiga bahasa.

Kepala SMP IT Baburrahman Helmi, S.Pd.,mengatakan, pihaknya membuka PPDB perdana di SMP IT yang baru dibuka tahun ini. “Pertama kali SMP IT Baburrahman Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri menerima peserta didik baru tahun ajaran 2022-2023,” kata Helmi, Senin, 16 Mei 2022.

Untuk angkatan pertama ini, pihaknya menggratiskan biaya pendidikan. Ke depannya kata dia, baru dikhususkan gratis 100 persen untuk yatim dan dhuafa baik baya pendidikan, kelengkapan sekolah dan pondok untuk kelas khusus. Pada penerimaan peserta didik baru angkatan pertama ini, pihaknya membatasi 20-25 orang, karena pihaknya ingin fokus menggembleng tiga program prioritas dan unggulan, supaya berhasil di tahun pertama ini. Tiga program unggulan yakni Tahfiz, komputer dan multimedia, serta penguasaan tiga bahasa.

Untuk tahun pertama, pihaknya membuka SMP IT dulu. Barulah tahun depan, pihaknya berencana membuka TK IT. Kesiapan sarana prasarana belajar mengajar SMP IT seperti gedung sedang dikerjakan. Sejauh ini sudah selesai satu unit gedung. “Alhamdulillah, kita sudah dapat rekomendasi izin PPDB dari dinas tahun ini untuk penyelenggaraan Pendidikan jenjang SMP,”kata dia.

Selain sekolah, pihaknya juga menyiapkan fasilitas pondok untuk peserta didik putra dan putri. Sementara itu, Ketua Yayasan Baburrahman Ustadz Shofan Sofyan, menambahkan selain bergerak di bidang sosial kemanusiaan, pihaknya konsen juga pada bidang pendidikan dengan membuka lembaga pendidikan yang prioritas untuk anak yatim dan dhuafa tidak mampu. Melalui PPDB SMP IT ini, pihaknya ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ada SMP IT di Ombe baru.

“Ke depan kami siapkan program sekolah gratis bagi anak yatim dan dhuafa, kalau angkatan pertama ini semua peserta didik dari berbagai kalangan digratiskan,” imbuhnya.

Untuk kegiatan Yayasan Baburrahman, lanjut dia program yayasan yang lain. Untuk program bulanan, santunan beras yatim, program hari besar  empat kali santunan akbar, program 3 bulan di antaranya bedah rumah yatim, program beasiswa yatim dan piatu (gratis sekolah) dan program tahunan tour and education bersama yatim dan piatu. (her)