Berhadiah Rp1 Miliar, Gubernur NTB ‘’Launching’’ Lomba Lari Bank NTB Syariah 10K SAMOTA

0
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimanyah melaunching Bank NTB Syariah 10K SAMOTA

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah secara resmi me-launching lomba lari Bank NTB Syariah 10K (kilomter) SAMOTA,  berhadiah fantastis dengan total senilai Rp1 miliar. Lomba lari ini akan digelar tanggal 19 Juni 2022, sebagai pembuka rangkaian Seri MXGP Indonesia 2022 yang digelar di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 24-26 Juni 2022.

Launching dilaksanakan Senin, 16 Mei 2022, di atrium Lombok Epicentrum Mall (LEM) dihadiri oleh seluruh stakeholder terkait. Diantaranya dari jajaran KONI NTB, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) NTB, jajaran Direksi Bank NTB Syariah, juga disaksikan oleh masyarakat umum. Launching ini sekaligus dibukanya stand pendaftaran di LEM, hingga 12 Juni 2022.

Sekda NTB, Direktur Utama Bank NTB Syariah, dan stakeholders lainnya melaunching Bank NTB Syariah 10K SAMOTA

Lomba lari Bank NTB Syariah 10K SAMOTA ini mempertandingkan beberapa kategori. Diantaranya, kategori SMP NTB (putra/putri), kategori SMA NTB (putra/putri), kategori Umum NTB (putra/putrid), kategori master nasional diatas 40 tahun (putra/putri), kategori TNI/Polri nasional (putra/putri), dan kategori internasional (putra/putri).

Ketua Pengprov PASI NTB, sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara, Farid Gozali menyebutkan, ada tiga trail dan lima hadiah umrah disiapkan. Target pesertanya sebanyak 2.500 orang lokal, nasional dan internasional.

Dari event olahraga ini, setidaknya ada lima tujuan yang diharapkan. Diantaranya, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk gemar berolahraga. Mengajak masyarakat untuk senantiasa hidup sehat. Meningkatkan promosi NTB, khususnya Sumbawa.  Meningkatkan pertumbuhan ekonomi NTB. Serta menjaring bibit-bibit atlet potensial dalam rangka menghadapi PON 2024, dan mempersiapan NTB, NTT sebagai tuan rumah PON 2028.

Ketua KONI Provinsi NTB, H. Mori Hanafi yang hadir dalam kegiatan launching ini mengatakan, menyampaikan apresiasi kepada inisiator, sekaligus penyelenggara yang telah mempersiapkan event bertaraf lokal, nasional dan internasional ini.

Menurutnya, dengan event-sevent seperti ini, NTB akan mudah menjaring calon-calon atlet atletik khususnya dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga NTB.

“Kami menyampaikan terima kasih telah mendukung kegiatan olahraga di Nusa Tenggara Barat. Dan even-event seperti ini memang harus banyak digelar,” ujarnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah melalui Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi mengajak seluruh kalangan untuk mensukseskan event besar ini.

“Dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Pemerintah juga punya tugas untuk menyehatkan masyarakat. Dan kami dari pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada Bank NTB Syariah telah menggelar acara ini,” katanya.

Apalagi, jika melihat lima tujuan umum kegiatannya. Diantaranya adalah kompetisi, menjaring calon atlet, dan menumbuhkan ekonomi daerah dengan banyaknya hadir peserta dari berbagai wilayah, di Indonesia, maupun dari belahan dunia lainnya.

‘’Event-event seperti ini bisa mendongkrak pariwisata daerah kita. Bisa juga menjadi bagian dari promosi daerah kita. Mari kita sama-sama sukseskan. Semoga suksesnya MotoGP Mandalika pada Maret lalu, didukung suksesnya MXGP pada Juni nanti, dan lomba lari 10K ini adalah pemanasannya. Maka kita optimis, NTB Bangkit, NTB Reborn setelah dua tahun turut dilanda pandemi Covid-19,” demikian Sekda.

Karena itu, harapan pemerintah daerah, tidak saja Bank NTB Syariah yang menunjukkan kepeduliannya, tetapi lembaga keuangan lainnya yang ada di NTB juga tergerak melakukan hal yang sama.

Sementara itu, Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Raharjo mengatakan, Bank NTB Syariah adalah bank yang dimiliki oleh seluruh pemerintah kabupaten kota termasuk Pemprov NTB. ‘’Tujuan kami tidak hanya diminta oleh pemerintah daerah sebagai pemegang saham untuk mengutamakan bisnis. Selain bisnis kami juga diminta bertanggung jawab mendorong pertumbuhan ekonomi secara makro,’’ ungkap Kukuh.

Menurutnya, mendorong pertumbuhan ekonomi secara makro bisa dilakukan melalui kegiatan olahraga seperti event 10K Samota maupun melalui kegiatan kegiatan lainnya. Pada intinya kegiatan tersebut mampu berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat dan daerah.

‘’Salah satu yang kami gagas ini adalah, kami ingin memberikan satu event sebelum event MXGP digelar di Samota. jadi kami ingin menjadi bagian memperkenalkan Samota kepada masyarakat nasional dan internasional wabulkhusus bagi NTB sebagai tuan rumah,’’ ujarnya.

Selain itu menurut Kukuh, managemen Bank NTB Syariah memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan atlet NTB. Untuk itu event-event semacam ini bisa saja digelar secara kontinu sesuai dengan kebutuhan daerah.

‘’Insyaallah sampai saat ini memang kami punya komitmen untuk berpartisipasi menjadi pembina salah satu cabang olahraga dan mudah mudahan ini bisa terwujud menjadikan NTB sebagai kekuatan salah satu cabor di dunia internasional,’’ tambah Kukuh.

Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah Road to Samota MXGP, rute yang diambil dalam event ini paling tidak masyarakat tahu bahawa tidak jauh dari rute yang dilewati itu akan digelar event Samota MXGP, karena jembatan Samota menjadi ikon di Pulau Sumbawa.

“Kita akan ambil start dari Jembatan Samota menyusuri jalan Samota menyusuri kawasan Samota, sambil memperomosikan destinasi wisatanya,” demikian Kukuh.

Pendaftaran bisa dilakukan secara langsung di LEM, dan Kantor Cabang Bank NTB Syariah di kabupaten/kota se NTB.(bul)