Jamkrida NTB Siap Jamin Eksportir Lokal

0
Lalu Taufik Mulyajati. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – PT. Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) NTB Bersaing siap menjadi penjamin bagi para eksportir lokal yang membutuhkan pendanaan dari lembaga keuangan.

Sesuai harapan Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Jamkrida NTB harus hadir untuk menjamin kebutuhan modal para eksportir untuk mendorong ekspor non tambang NTB.

Direktur Utama PT. Jamkrida NTB Bersaing, Lalu Taufik Mulyajati, Jumat, 13 Mei 2022 menegaskan, dari sisi perusahaan atau izin usaha, Jamkrida NTB bisa menjadi penjamin proses ekspor produk lokal NTB. ”Ada produknya, custom bound, memang bisa kita lakukan cuma sekarang kita lihat klasifikasi dari perusahaan tersebut dan volume nilai ekspor,” katanya.

Sebab sebelum barang ekspor dikirim oleh eksportir, perusahaan tujuan pengiriman akan diberikan bukti penjaminan dari Jamkrida NTB. Sehingga pembayaran produk kepada eksportir di NTB bisa diyakini. “Cuma sekarang kapasitas kemampuan Jamkrida untuk menjamin nilai produk ekspor tersebut. Dilihat dari kemampuan modal penjaminan kita hanya 10 persen dari modal kita. Modal kita baru Rp32,5 miliar. Kemampuan kita menjamin hanya Rp3miliar  per satu trip ekspor,” jelas Taufik.

Sementara, dalam kegiatan ekspor, nilainya biasanya cukup besar. Bisa mencapai puluhan miliar. kendati begitu, Taufik juga mengatakan, ada alternatif yaitu bekerjasama dengan perusahaan penjamin lainnya untuk memberikan jaminan kepada eksportir yang nilai produk ekspornya besar. “Sudah kami sampaikan kepada kepala Dinas Perdagangan NTB yang penting sekarang bagaimana eksportir-eksportir ini dikoordinasikan ke Jamkrida,” imbuhnya.

Taufik menambahkan, bagi eksportir yang ingin mengakses penjaminan di Jamkrida NTB, bisa UMKM mengajukan proposal ke perbankan untuk mendapatkan modal, dengan jaminan dari Jamkrida NTB. Nantinya, perbankan yang kemudian mengkomunikasikannya kepada Jamkrida NTB (penjaminan tidak langsung). Atau, ada juga penjaminan langsung. Yaitu, Jamkrida NTB berkoordinasi dengan eksportir.

Selanjutnya Jamkrida NTB yang berkoordinasi dengan perbankan untuk memberikan tambahan modal kepada eksportir, dengan dijaminkan oleh Jamkrida NTB. “Kita siap berpartisipasi mendukung kegiatan ekspor dengan menjamin kredit UMKM di lembaga keuangan,” demikian Taufik. (bul)

Tiitle Ads