Trafik Data Melonjak di Tiga Kabupaten di NTB Selama Libur Panjang Lebaran

0

Jakarta (suarantb.com)-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, antara 24 April – 7 Mei 2022.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional sebesar 33% lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 11% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Khusus di Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), kenaikan trafik data mencapai 27% lebih tinggi dari tahun lalu, dan 20% dibandingkan hari normal. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari diperbolehkannya masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur, setelah dua tahun sebelumnya hal tersebut dilarang karena terjadinya pandemi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, setelah dua kali Lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, Lebaran tahun ini dipenuhi suasa eforia masyarakat di berbagai daerah.

Hal ini bisa kita lihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan data secara nasional didominasi oleh streaming yang mencapai 52%, disusul oleh social network sebesar 42%. Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 66%, Netflix naik 16%, YouTube naik 40%, TikTok naik 76%, Spotify naik 21%, dan Vidio relatif stabil.

Di Bali dan NTB, kenaikan trafik streaming mencapai 24%, disusul oleh social network sebesar 17%. Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 29%, Netflik naik 13%, YouTube naik 21%, TikTok 36%, dan Spotify naik 24%.

Layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 1%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Twitter meningkat 14% dan Meta (Facebook) 18%. Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 5%, sedangkan web browsing naik 8%.

Trafik data tertinggi di Bali dan NTB terjadi di Kabupaten Lombok Tengah sebesar 35%, di Kabupaten Sumbawa sebesar 34%, di Kabupaten Lombok Timur sebesar 34%.

“Data monitoring XL Axiata juga mencatat terjadinya perpindahan pelanggan dari kota-kota besar wilayah Bali dan NTB juga cukup dinamis. Perpindahan yang cukup terlihat antara lain dari Denpasar dan Mataram. Sementara itu, kota yang menjadi tujuan perpindahan adalah Kab.Lombok Timur, KabupatenLombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Bima & Kabupaten Dompu,” imbuh Gede.(bul)

Tiitle Ads