BIZAM Layani 93 Ribu Penumpang

0
Ilustrasi

Praya (Suara NTB) – Selama lebih dari dua pekan layanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2022, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) telah melayani sekitar 93 ribu penumpang pesawat udara. Arus mudik dan balik lebaran kali ini pun berlangsung lancar, tanpa insiden.

Hal itu disampaikan General Manager (GM) PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Rahmat Adil Indrawan, dalam keteranganya, Rabu, 11 Mei 2022.

“Meski mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal penumpang pesawat udara selama periode mudik lebaran tahun ini, seluruh kegiatan operasional di BIZAM berjalan dengan baik dan mencatatkan zero accidents,” sebutnya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, diperiode yang sama jumlah penumpang pesawat udara di BIZAM mengalami peningkatan cukup signifikan, hampir empat kali lipat. Dimana hanya ada sekitar 19 penumpang pesawat udara yang dilayani. Baik 389 persen menjadi 93 ribu orang pada tahun ini.

Lonjakan jumlah penumpang tersebut secara otomatis meningkatkan jumlah pergerakan pesawat  udara. Yang naik sebesar 293 persen. Dari 223 pergerakan pesawat pada periode posko tahun 2021 lalu, menjadi 877 pergerakan pada periode yang sama tahun ini. Begitu pula untuk kargo, naik 49 persen menjadi 338 ribu kg dari sebelumnya hanya 227 ribu kg.

Adil – sapaan akrab GM PT. AP I LIA ini mengatakan, puncak pergerakan penumpang tertinggi terjadi pada saat arus balik yakni pada tanggal 8 Mei kemarin. Dengan jumlah penumpang mencapai 6.793 orang. Tertinggi kedua terjadi sebelum lebaran tepatnya tanggal 28 Mei, yakni mencapai 6.212 penumpang.

Tingginya lonjakan penumpang pesawat tersebut, karena memang tidak ada pembatasan mobilitas masyarakat oleh pemerintah pusat pada tahun ini. Berbeda pada tahun lalu yang ada pembatasan, dampak dari pandemi Covid-19. “Peningkatan jumlah pergerakan penumpang yang cukup signifikan tahun ini karena tidak ada pembatasan masyarakat untuk melakukan mudik. Tidak seperti tahun sebelumnya dimana mobilitas masyarakat dibatasi seiring masih tingginya kasus Covid-19,” imbunya.

Secara khusus pihaknya menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat pengamanan dan pelayanan penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini. Sehingga para pengguna jasa di BIZAM dapat terlayani dengan baik. Seluruh operasional bandara juga berjalan dengan lancar dan kondusif.

Terhitung mulai tanggal 25 April lalu, PT. AP I LIA telah membuka posko layanan terpadu arus mudik lebaran di BIZAM. Berlangsung hingga 10 Mei kemarin dan resmi ditutup Rabu kemarin. Sehingga total posko layanan terpadu tersebut efektif beroperasi selama 16 hari. (kir)

Tiitle Ads