MXGP Samota, Hotel Terapung Berkapasitas Ribuan Kamar akan Disiapkan

0
H. Ridwan Syah (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan Motocross Grand Prix (MXGP) Samota yang akan digelar tanggal 24-26 Juni 2022 tinggal 40 hari lagi. Penyelenggara sedang menyiapkan semua fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan secara paralel. Termasuk fasilitas yang utama seperti sirkuit dan venue balap juga sedang dibangun.

Komandan Lapangan MXGP Samota, Ir. H. Ridwan Syah, MTP mengatakan, persiapan akomodasi, komunikasi dan transportasi sedang dikebut. Khusus untuk akomodasi, penyelenggara akan mendatangkan kapal yang nantinya akan menjadi hotel terapung. Terlebih Pelabuhan Badas Sumbawa lokasinya tidak jauh dengan Samota yang menjadi venue MXGP.

‘’Kita memiliki Pelabuhan Badas yang jaraknya hanya beberapa menit dari Samota. Kita akan memenuhi kekurangan dengan menyediakan hotel terapung, seperti di Gili Mas saat MotoGP kemarin. Kapalnya sudah ada, sedang dalam pembicaraan. Kapal itu bisa menampung 2000 – 3000 orang,’’ sebut Ridwan Syah, Selasa, 10 Mei 2022.

Ia mengatakan, para pembalap dan kru yang berasal dari mancanegara akan mulai berdatangan ke Sumbawa tanggal 21 Juni mendatang. Jumlahnya sekitar 500 orang dan membutuhkan kamar sekitar 300 kamar. Karena itulah, penyelenggara akan menyiapkan kamar hotel setara bintang tiga di Sumbawa dengan jumlah kamar sekitar 200 unit dan kekurangannya akan dipenuhi oleh kapal terapung tersebut.

Adapun akomodasi untuk para penonton, camping ground sedang disiapkan oleh penyelenggara, ditambah homestay dan rumah-rumah warga yang siap disewakan kepada para penonton yang dari luar daerah. Adapun penonton lokal tidak membutuhkan akomodasi lantaran mereka bisa pulang ke rumah masing-masing usai event.

Ridwan Syah mengatakan, estimasi jumlah penonton MXGP Samota sebanyak 50.000 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 80 – 90 persen merupakan penonton lokal. Sementara sisanya dengan estimasi sekitar 15 ribu penonton berasal dari luar daerah.

‘’Nah yang 15 ribuan penonton inilah yang menjadi prioritas kita dalam menyiapkan akomodasi itu. Sehingga mereka bisa berkemah pinggiran Teluk Saleh, di bukit-bukit itu. Tinggal kita siapkan air bersih, toilet dan lain-lainnya. Dengan demikian persoalan akomodasi bisa teratasi,’’ katanya.

Menurut Kadis PUPR NTB ini, event MXGP ini tak hanya menampilkan balap semata, akan ada sejumlah atraksi budaya selama event berlangsung. Termasuk di dalamnya akan ada event overland atau safari para pecinta motor dengan menggunakan kendaraan offroad dari Jakarta menuju Sumbawa. (ris)