Air Bersih Siap, Kapasitas Internet di Lokasi MXGP Diperbesar

0
Ilustrasi Air Bersih (suarantb.com/pexels)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Fasilitas pendukung dalam rangka menghadapi event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota pada Juni 2022 mendatang terus disiapkan. Diantaranya penyediaan air bersih dan jaringan internet di lokasi sirkuit.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya, ST, MT, terkait dengan air bersih intinya adalah bagaimana menampung air di bak-bak yang kapasitasnya 2.500 sampai 5.000. Kebetulan di lokasi sirkuit, topografi bisa mendukung.

“Kita sudah siap sebenarnya. Cuma persoalannya sekarang kan lokasi itu, luar sirkuit, ada untuk UMKM, ada untuk toilet. Kalau titik itu, bisa saja di dalam sirkuit 10 titik, bisa di luar sirkuit nanti sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Untuk kebutuhan air bersih, diakuinya, sudah ada dua sumber air tawar di lokasi lahan sebelah barat dan lokasi lahan sebelah timur. Kapasitasnya sekitar 1,2 liter per detik. “Itu bisa kita manfaatkan nanti pada malam hari untuk mengisi bak itu, sehingga tidak mengganggu kelancaran,” terangnya.

Sedangkan untuk internet, diakuinya, jaringan sudah ada. Pihak Telkom malahan sejak sebulan lalu sudah masuk ke lokasi dan sudah diuji coba. Nantinya tinggal memperbesar kapasitas agar internet bisa lancar. “Kalau internet sudah. Jaringan sudah masuk ke lokasi. Tinggal sekarang memperbesar kapasitas. Karena yang diminta oleh tim adalah 50 MB di lokasi,” pungkasnya. (ind)