Perkenalkan Sirkuit Mandalika ke Komunitas Motosport, MGPA Gelar Mandalika Track-Day

0
Priandhi Satria
ads top adsamman

Praya (Suara NTB)Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) akan menggelar Pertamina Mandalika International Circuit Track-Day (Mandalika Track Daya), di Pertamina Mandalika International Street Circuit, 21-22 Mei mendatang. Ajang ini dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan Sirkuit Mandalika kepada para penggemar serta komunitas motosport nasional secara lebih luas lagi.

Nantinya pembalap dan penggemar yang tergabung dalam komunitas motosport tersebut bisa sekaligus merasakan langsung sensasi ngebut di lintasan sirkuit yang baru saja sukses menggelar event MotoGP perdana, Maret lalu tersebut.

“Pada Mandalika Track-Day ini nanti pengguna motosport baik roda dua maupun roda empat akan diberikan izin untuk memasuki dan merasakan lintasan Pertamina Mandalika International Circuit,” sebut Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, dalam keterangannya, Minggu, 8 Mei 2022.

Nantinya para pengguna motosport bisa merasakan bagaimana rasanya memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di lintasan balap. Sekaligus sensasi meliuk-liut di tingkungan yang ada di sirkuit Mandalika, layaknya pembalap profesional. Dengan begitu para penggemar otomotif baik pembalap maupun komunitas motosport bisa lebih mengenal sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

‘’Event ini terselenggaran berkat dukungan In-Jouney serta ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika,’’sebutnya seraya menambahkan, untuk teknis kegiatan termasuk siapa saja yang bisa ikut bergabung sedang dibahas secara lebih detail.

Tidak hanya itu pabrikan mobil dunia, Honda juga berencana menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi uji coba sekaligus pengenalan produk kendaraan ronda empat terbarunya. Sebelum produk kendaraan roda empat tersebut mulai dipasarkan. “Acaranya bernama Honda Media Day, digelar tanggal 23 Mei mendatang,” tambah Andhi.

Honda sendiri butuh Sirkuit Mandalika untuk menguji performa kendaraan terbarunya. Seperti mesin dan pengereman di lintasan panjang serta performa suspensi diberbagai tikungan serta berbagai aspek lainnya. “Jadi bulan ini ada dua event yang siap digelar di sirkuit Mandalika,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andhi menjelaskan, selepas menggelar ajang balap Pertamina MotoGP of Indonesia 2022, pihaknya masih menjajaki kegiatan dengan melakukan diskusi dengan berbagai promotor balap lokal, nasional maupun internasional untuk mengadakan event di Sirkuit Mandalika. Termasuk berdiskusi dengan berbagai konsultan dari luar negeri yang sudah biasa menangani berbagai sirkuit balap ternama untuk mendapatkan berbagai masukkan mengenai design sirkuit, penambahan sirkuit untuk berbagai kegiatan motorsport lainnya. Baik mobil, motor kecil, gocart dan lainnya.

Harapannya ke depan event di Sirkuit Mandalika bisa lebih banyak lagi. Tidak hanya menggelar event MotoGP dan World Superbike (WSBK) yang memang sudah menjadi kalender event di Sirkuit Mandalika. ‘’Beberapa promotor nasional dan asing juga telah datang dan melihat langsung berbagai fasilitas di dalam area sirkuit Mandalika. Mulai dari paddock, pit-lane, timing-system, CCTV  lintasan, pos marshal serta lintasannya sendiri,” tandasnya. (kir)